Wednesday, June 23, 2010

Melancong to JOGJA #part 1

Akhirnya UAS beres, saatnya mendinginkan otak dengan yang segar segar hoho. Sebenernya sih UAS beres bukan berarti bebas dari jajahan si tugas-tugas besar dan persentasi-persentasi yang berjibun tetapi setidaknya ada waktu untuk “ngarenghab” klo kata orang Sunda mah alias narik nafas dulu sebentar hehe. Dan kebetulan sekali sodara moy ngajak liburan ke Jogja seminggu setelah moy beres UAS, wah itu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Sodara moy guru di salah satu tempat kursus bahasa Inggris di bandung, nah kebetulan di tempat kursusnya itu lagi ada program “Tourist Hunting” ke Jogja, so dia ngajak moy ikut deh sekalian liburan juga.
Tanpa pikir panjang moy iya-in deh ajakan sodara moy itu, ya sekalian refreshing, nambah ilmu, nebeng belajar bahasa Inggris juga^^. Untungnya dapet restu juga dari orang tua (jiaaa kaya yang mau ngapain aja yah minta restu, tapi itu penting lho^^). Dan tak lupa diriku mengajak sang pacar ikut melancong to Jogja soalnya dia belum pernah ke Jogja, biar moy juga ada temen ntar di Jogjanya (temen pacaran gitu hehe). Yupz dan selanjutnya melingkari tanggal berangkat di kalender dengan spidol berwarna merah, rasanya setiap ngeliat tanggal itu jadi pengen cepet-cepet pergi ke Jogja. Dan akhirnya hari H itu pun tiba. Jadinya kita berangkat berempat ke Jogja pake kereta api, di Jogjanya janjian sama yang punya tempat kursusnya.

Dan disinilah cerita itu pun dimulai. Malem-malem sekitar jam 8an kita berempat pergi ke station Kiaracondong, kita naek kereta yang ekonomi (ya maklum lah, kita kan masih anak kuliahan, melihat kondisi dompet sepertinya tidak sanggaup buat beli tiket kereta bisnis hehe). Kita ga peduli mau itu kereta ekonomi atau bisnis yang penting kita nyampe Jogja dan karena satu hal, moy ama pacar moy belum pernah naek kereta api^^. Kesan pertama pas kita ada di station Kiaracondong "Wow, kok beda yah ama kereta kereta yang ada di luar negeri" (kita terlalu kebanyakan nonton film sih ;D), tapi it's ok no problem soalnya kita mau have fun. Kereta api yang kita tunggu pun akhirnya datang, dan oh sungguh terkejutnya moy pas mau masuk ke dalam kereta "desek-desekan, bo", berasa mau ngantri sembako deh berebutan padahal di tiket kereta apinya aja udah jelas ada no bangkunya, ckckck, dasar neh budaya Indonesia selalu begini (kurang disiplin).
Setelah akhirnya kita menemukan tempat duduk kita, moy sangat bersyukur sekali akhirnya bisa duduk juga dan terbebas dari desakan-desakan orang-orang yang berebut masuk ke dalam kereta. Tips yah buat temen-temen yang belum pernah pergi naek kereta ekonomi dengan tujuan ke Jogja (soalnya moy baru pergi naek kereta ekonomi ke Jogja^^), pertama santai aja ga perlu buru-buru daripada desek-desekan ga jelas toh di tiket kereta apinya aja ada no tempat duduk kita kok. Kedua, klo pas lagi desek-desekan *khusus untuk perempuan* lindungilah bagian tubuh yang rawan dari tangan-tangan jail, nah buat yg pergi sama pacarnya harus ngelindungin cewenya dengan baik dari tangan-tangan jahil yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. Ketiga, simpen dompet di dalem tas deh jangan di saku celana atau saku jaket, rawan pencompetan. Keempat, kalau udah ketemu tempat duduknya dan teryata tempat duduk kita ditempatin orang lain, kasih tau secara baik-baik sama orang yg dudukin tempat duduk kita bahwa tempat yg dia duduki itu adalah tempat duduk kita (soalnya biasanya orang-oranng yg ada di dalem kereta api ekonomi cenderung emosinya cepat terpancing, so kita harus bener-bener jaga sikap jangan sampai membuat peperangan di dalam kereta api ;p). Dan terakhir klo kita udah dapet tempat duduknya, carilah posisi senyaman mungkin 'coz perjalanan Bandung-Jogja itu bukan waktu sebentar lho, siapin aja pantat (sorry klo kata-katanya agak vulgar but is seriously) kamu buat berjam-jam di kursi kereta^^, tapi biasanya ntar malem suka ada yg nawarin penyewaan bantal kok, siapa tau diantara kalian butuh yg empuk-empuk untuk mengatasi kram pantat ama kram punggung hehe. Segini dulu deh cerita pengalaman moy melancong to Jogja, yg penasaran gimana cerita selanjutnya, pengalaman-pengalaman selama di kereta api, di Jogja, tips 'n trik lainnya, dan masih banyak pengalaman-pengalaman lainnya, kita berjumpa lagi di "Melancong to JOGJA #part 2", semoga berkenan yah, yg ga berkenan maap maap aja yah, moy hanya ingin berbagi pengalaman sama kalian ;p
Reactions:

2 comments:

  1. haha, sip..kayanya moy itu belum seberapa desek2annya.
    kebetulan ibu saya orang jawa dan bapak saya orang sunda(ga penting) kalo mudik pas lebaran lebih parah lagi..
    si tiket yg ada no tempat duduknya ga ngaruh, jd bebas tempat.(yg ekonomi kalo yg bisnis sih engga)

    ReplyDelete
  2. wah parah yah berarti, ia banyak banget dapet cerita pertama kali naek kereta, dari mulai kereta api, tukang jualan, tidur, wah masih banyak lagi dah.
    tapi emang seru klo kita bawanya santai^^

    ReplyDelete