Sunday, December 11, 2011

3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part Three

Ini kisah terakhir tentang 3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya.

Perempuan cantik yang ketiga ini sangat sangat berbeda dengan perempuan cantik yang pertama dan kedua. Apa yang bikin sangat sangat bedanya? Yaitu usianya yang terpaut jauh dengan kedua perempuan cantik yang tadi moy lihat. Perempuan yangn sepertinya sudah lanjut usia ini tetep terlihat cantik dan sehat meskipun ketika ia berjalan perlu dipapah oleh cucunya.

Setelah si ibu muda cantik yang lagi hamil itu beranjak dari duduknya untuk pulang bersama suaminya yang ganteng itu, datanglah seorang perempuan cantik yang sudah lanjut usia ditemani oleh cucu laki-lakinya yang masih muda *mungkin seumuran moy*. Seorang nenek yang terlihat masih sehat dengan kecantikannya yang tidak pudar oleh usianya yang sudah tua berjalan dengan langkahnya yang pelan ditemani oleh cucunya. Sang cucu dengan setianya memapah nenek cantik itu berjalan menuju arah dimana moy lagi duduk. "Mba, boleh ikut duduk ya?" tanya nenek cantik itu ke moy. Moy pun menganggukan kepala moy sambil tersenyum ke nenek cantik itu dan nenek cantik itu pun duduk di sebelah moy.

Cucu laki-laki: "Eyang jangan terlalu cape," (sambil mengusap pundak neneknya)
Nenek Cantik: "Kata siapa eyang cape? Eyang masih kuat kok,"
Cucu laki-laki: "Kuat sih kuat, Yang, tapi awas ya kalau sampai rumah Eyang sakit!" (goda cucunya)
Nenek Cantik: "Kalau eyang sakit kan ada cucu eyang yang ngerawat," (sambil merangkul cucunya)


Lalu cucunya tersebut mengeluarkan dua botol minuman dan satu buah tempat makan.

Cucu laki-laki: "Nih, Yang, aku bawain makanan kesukaan eyang sama air putih plus teh manis,"
Nenek Cantik: "Cucu eyang satu ini memang paling perhatian,"


Dan nenek cantik itu pun membuka tempat makan yang dikasih ama cucunya. Sambil menguping pembicaraan nenek ama cucunya itu, moy juga ngintip makanan apa sih yang dibawain cucunya itu, ternyata isinya adalah roti isi keju slice sama beberapa potongan tomat. Dengan lahapnya nenek cantik itu memakan roti yang dibawakan oleh cucunya tersebut.

Melihat pasangan nenek dan cucu itu mengingatkan moy sama almarhumah enin. Betapa betuntungnya laki-laki tersebut masih bisa mengasuh neneknya dan moy salut sama laki-laki itu dengan sabarnya ia menjaga neneknya. Selain salut ama cucunya itu, moy juga salut sama nenek cantik ini. Meskipun ia sudah tua tapi ia tetap terlihat cantik dan ia masih mau berolahraga buat jaga kesehatan tubuhnya.

Kali ini rasanya malu sekali, moy yang masih muda dan sehat bugar dikalahkan oleh dua perempuan cantik yang moy temuin di Sabuga, ibu muda cantik yang sedang hamil dan nenek cantik yang sehat bugar.

Di hari Minggu ini moy bertemu dengan 3 Perempuan Cantik bersama 3 Pasangannya yang memiliki karakter yang berbeda dengan umurnya yang berbeda pula.

Dan dari ketiga perempuan dan ketiga pasangannya itu moy mengambil hikmahnya bahwa kita harus bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kita dengan semua yang telah diberikan-Nya kepada kita. Kita tidak pernah menginginkan untuk dipertemukan dengan orang baik atau jahat, kehidupan yang membahagiakan atau menyedihkan, tetapi kita hanya bisa bersyukur kepada Tuhan bahwa kita masih diberi kesempatan untuk menghirup udara, merasakan yang namanya kasih sayang, bertemu dengan orang-orang yang kita sayangi dan keajaiban-keajaiban lainnya yang Tuhan berikan kepada kita semua :)

3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part Two

Mari kita lanjutkan cerita tentang 3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part One.

Ya jadi setelah moy ngeliat perempuan cantik di depan McD simpang Dago itu akhirnya Titan datang juga dan kita jalan kaki menuju Sabuga. Masih terngiang si bapak tukang ojeg tadi, ada perasaan kasian pada bapak tukang ojeg itu dan perasaan kesal sama si Perempuan Seribu (julukan yang moy kasih buat perempuan cantik depan McD).

Sesampainya di Sabuga, Titan siap-siap lari dan moy siap-siap duduk menunggu Titan lari hehe. Karena sebuah alasan moy memilih duduk saja menunggu Titan lari *alibi males lari*. Pas lagi nunggu Titan beberapa menit kemudian ada seorang perempuan cantik yang sedang hamil duduk di samping moy. "Wah ini perempuan hamil aja lari, lah gue malah celingak celinguk duduk disini" itu pemikiran moy saat si perempuan cantik itu duduk di sebelah moy. Ia mengatur nafasnya sambil memegang si jabang bayi yang masih bersembunyi di balik perut ibu muda cantik ini. Perempuan cantik kedua yang moy temukan hari ini. Perempuan itu senyum ke moy dan moy pun balik senyum ke ibu muda cantik itu.

Dan tiba-tiba dateng seorang laki-laki ganteng menghampiri ke arah ibu muda cantik yang duduk di sebelah moy. Laki-laki itu mengelus perut ibu muda cantik itu, "Bunda istirahat ya jangan lari lagi kasian dede bayinya nanti kecapean juga," seru laki-laki tersebut. So sweet, prikitiw. Dan ibu muda cantik itu tersenyum sambil memegang tangan suaminya, "Iya ayah, bunda juga udah cape kok. Mau istirahat dulu bentar,". Ya ampun pasangan muda itu so sweet dan serasi sekali. Istrinya cantik, suaminya ganteng dan dua-duanya pasangan yang ramah. Beruntunglah hei jabang bayi yang ada di dalamnya, nanti kalau kamu keluar buat liat dunia bersyukurlah kamu didampingi oleh kedua malaikat yang cantik dan ganteng juga baik yang bakalan ngerawat kamu sampai kamu besar nanti :)

Perempuan cantik kedua yang moy lihat ini berbeda banget sama perempuan cantik yang sebelumnya moy liat. Ibu muda cantik lagi hamil sama suaminya yang ganteng terlihat begitu bahagia dengan adanya si jabang bayi. Namun betapa malangnya bapak tukang ojeg tadi harus bertemu dengan si Perempuan Seribu tadi.
Inilah yang namanya hidup tak semuanya orang itu bersikap baik dan tak semuanya orang itu selalu berada dalam situasi yang menyenangkan.

Nah kisah terakhir tentang perempuan cantik yang ketiga kita lihat di 3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part Three

3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part One

Di hari Minggu pagi yang dingin tapi tidak berselimut kabut hanya rada-rada ceudem moy bertemu dengan 3 perempuan dari berbagai masa dan dalam waktu yang berbeda.

Perempuan pertama yang ketemu sama moy itu di depan McD simpang dago pas moy lagi nungguin sang kekasih -- Titan, buat lari pagi ke Sabuga. Nah, pas lagi nungguin sambil duduk di patung si Mc Donald muncullah seorang perempuan cantik yang umurnya kira-kira ga jauh beda ama moy dibonceng ama seorang bapak tua yang nampak lelah. Moy aja sebagai seorang perempuan, pertama kali liat tuh perempuan cantik ampe terkagum-kagum, kaya liat iklan sabun mandi, putih mulus cuy hehe. Tapi eh tapi wajahnya yang cantik mempesona dan kulit putihnya yang mencrang, luntur seketika pas dia mulai mengeluarkan sorotan matanya yang menyebalkan pada bapak tua yang tenyata adalah tukang ojeg.

Tuh perempuan yang awalnya moy liat cantik marah-marah sama bapak tukang ojeg itu. And you know, tuh perempuan marahnya gara-gara apa? Ya ampun pemirsa marahnya itu untuk hal yang sepele lah buat seorang perempuan cantik yang keliatannya sangat menjaga kulitnya yang indah itu supaya ga ada nodanya. Dia marah cuma gara-gara bapak tukang ojeg itu ga ada uang seribu buat kembaliannya.

Jadi tuh perempuan ngasih uang sepuluh ribu buat bapak tukang ojeg itu, nah bapak tukang ojeg itu ngembaliin empat ribu ama perempuan cantik itu dan bapak tukang ojeg itu bilang "Neng ada seribu ga? Soalnya bapak ga ada seribu lagi buat kembaliannya. Adanya dua ribu. Kalau neng ada seribu, yang seribunya ke bapak-in jadi bapak ngasih ke neng dua ribu." sambil nyodorin uang dua ribu ke perempuan cantik itu. Tanpa mengeluarkan satu patah kata pun perempuan itu nyari-nyari uang seribu dan ga ketemu juga si uang seribu itu, "Ga ada, pak" jawab perempuan itu singkat dengan matanya yang mulai jutek.

"Gimana atuh ya neng?" tanya bapak tukang ojeg itu sambil nyari-nyari uang seribu juga. Setelah si bapak itu nyari-nyari dan ga dapet, si perempuan cantik itu ngelemparin uang dua ribu yang disodorin ama bapak tuakng ojeg tadi sambil bilang "Ya udah lah kalau ga ada," dengan nada sedikit membentak dan dia melengos begitu saja dengan sorotan matanya yang kesal ke bapak itu. Dan bapak tukang ojeg itu cuma bisa menghela nafasnya sambil mencoba memanggil lagi perempuan cantik itu buat ngasihin uang dua ribunya tapi perempuan cantik itu malah mempercepat langkahnya sambil mendumel ga jelas.

Moy yang liat dengan mata moy sendiri bukan mata orang lain ampe geleng-geleng kepala deh liat tuh kelakuan perempuan yang dari wujud luarnya cantik luar biasa tapi kelakukannya butuh make up sana sini ^^ Yah padahal kan cuma seribu doang, ikhlasin aja toh ndo ga usah pake bentak-bentak kaya gitu toh ga akan ngurangin rezeki yang dikasih ama Tuhan buat dia kan? Udah syukur bapak tukang ojeg itu mau anter. Coba bayangin kalau tukang ojeg itu bapanya dia dan digituin ama penumpangnya, apa ga akan bikin dia emosi jiwa?

Lalu bagaimana dengan 2 permpuan cantik lainnya yang moy liat tadi pagi?  Kita lanjut di 3 Perempuan Cantik dan 3 Pasangannya #Part Two

Sunday, November 6, 2011

Preman Side B


Apa sih pikiran kalian pertama kali kalau liat preman satu angkot sama kalian? terutama buat cewe ya soalnya kan kalau cewe lagi di angkot tuh suka ada aja yang jadi bahan pembicaraan, eh bukan itu denk maksudnya suka serem gitu ama yang namanya preman hehe.
Ya rata-rata orang beranggapan aneh-aneh sama preman tapi preman yang satu angkot ama moy ini bener-bener bikin ngakak deh. Kalau diibaratin kaset nih ya tuh preman kaya kaset, ada Side A nya dan ada Side B nya.

Jadi gini pe..epe..mi..mimi..pemirsa  hehe. Waktu itu moy pulang maen terus moy naek kendaraan berwarna ijo berpolet item ada tulisan angkutan kota alias ancot *alah*. Moy duduk aja di dalem angkot yang jejerannya buat tujuh orang, dan moy memulai kebiasaan moy di dalem angkot, yaitu merhatiin orang satu per satu (soalnya buat inspirasi). Nah pas moy lagi merhatiin penumpang yang ada di angkot satu per satu, TADA, kalau di film mah yah si kamera teh berhenti di salah satu orang terus di zoom perlahan si orangnya teh :p , ada satu orang yang menarik perhatin.

Pemirsa, tau ga apa yang bikin menarik perhatiannya?

Yang bikin menarik perhatiannya itu bukan karena dia ganteng mirip Dude Herlino atau Van Diesel tapi pakaiannya yang semrawut, kaos berkerah dipadu dengan celana jeans yang udah robek2 dengan warnanya yang lusuh, tangannya yang dihias penuh dengan tato *bukan tato bawaan lahir ya, ini mah asli tato hehe*, telinganya yang penuh dengan pernak pernik alias anting yang ngaderedet, dilengkapi dengan wajahnya yang sangar. Buset dah, kesan pertama begitu mengejutkan. Terus, si preman itu mengambil handphone di saku celananya dan dia mulai memencet handphonenya. Terjadilah perbincangan yang mencengangkan :p

Preman: "Assalamualaikum,"
Preman: "Ayank udah sampe? Maafin ya gw datengnya telat nih,"
Preman: "Gw masih di daerah Setiabudhi, gila macet banget deh yank,"
Preman: "Gw ga bawa kendaraan, jadi gw naek angkot deh yank. Maaf ya,"
Preman: "Ayank ga apa-apa kan nungguin dulu. Bentar ya yank. Maaf banget jadi nunggu lama,"
Preman: "Dadah ayank, assalamualaikum,"

Si preman itu ngomongnya dengan suara lemah lembut penuh kasih sayang hehe. Coba bayangkan seorang preman dengan wajah sangar dan seperangkat alat tempur yang menempel di badannya ngomong gitu dengan suara yang lemah lembut. Moy yang ngedenger perbincangan dia bersama "ayank" nya cuma bisa mesem-mesem sendiri aja nahan ketawa  hehe. Dan ga berapa lama beres dia menelepon "ayank" nya, handphonenya berdering ga tau telepon dari siapa nih sekarang hehe. Dan dia pun mengangkat handphonenya,

Preman: Woi, aya naon?
Preman: An***g maneh mah belegug.
Preman: Wah gob*** euy, naha bet mawa motor eta?
Preman: Anjir jaman kieu mah euy  teu usum make motor eta, make ninja atuh euy meh aing bisa nginjem.
Preman: Nya geus ngke dagoannya, urang papanggihan heula jeung kabogoh euy.

Dan handphonenya pun ditutup lalu disimpan kembali disaku celananya. Bagaimana pemirsa setelah mendengar percakapannya yang kedua?
Inilah dia preman Side B. Jadi kalau ngomong ama "ayank" nya dia jadi side A dulu dimana isi lagunya lagu mellow-mellow atau lagu sendu, nah side B nya isi lagunya lagu metal semua :p
Ternyata bener yang namanya istilah Luar boleh Preman tapi Dalem boleh Pink donk? hehe.

Mohon maaf ya kalau dalem tulisan ini terdapat beberapa kata kasar dan menyinggung :)

   

Thursday, October 27, 2011

Kenakalan Bocah :p

Liat album foto jaman kecil jadi inget sebuah kenakalan yang pernah moy lakuin waktu dulu hehe. Kalau diinget-inget sekarang rasanya konyol banget, tapi itu kejadian yang ga pernah moy lupain dan yang pasti papah aja ampe sekarang selalu inget ama kejadian itu.

Kejadiannya waktu moy masih SD, sekitar kelas tiga kayanya, wah lupa deh kalau tepatnya umur berapa yang pasti masih bocah tapi ga ingusan ya hehe. Waktu itu moy pulang-pulang langsung lari masuk ke dalem rumah sambil mata berair, muka merah, terus lari-lari nyari minum. Mamah sama papah yang lagi asyik nonton tv aneh ngeliat kelakuan anaknya satu ini, buru-buru aja mereka nyamperin moy yang lagi nenggak air dingin terus-terusan ampe abis berapa gelas.

Mamah: Jam segini baru pulang, darimana aja? Pulang-pulang malah langsung ke belakang bukannya ngucapin salam!

Moy cuma diem ga ngejawab pertanyaan mamah sambil terus minum.

Papah: Ai kamu kenapa?


Dan akhirnya moy diem bentar buat ngatur nafas terus moy jawab deh pertanyaan mamah ama papah.
Moy: Abis makan cengek, pah. (dengan nada kepedesan)

Papah: Makan cengek dimana?

Moy: Depan kelurahan (sambil nyengir)

Mamah: Ngapain ai kamu makan cengek di depan kelurahan?

Moy: Abis anak-anak cowok suka pada ngeledekin anak cewek aja terus nantangin moy makan cengek, ya udah moy jabanin aja. Yang bisa abisin cengeknya dapet uang deh, pah, kan lumayan.

Mamah cuman geleng-geleng kepala aja denger jawaban moy.

Papah: Emang abis berapa cengeknya?

Moy: Abis sepuluh kalau ga salah. Lupa ah moy mah abis banyak banget. Tapi moy menang dong pah.

Ngedenger moy jawab gitu langsung deh diomelin ama mamah soalnya abis moy makan cengek itu langsung deh mules-mules, bulak balik ke air^^.

Mamah: Iseng sih pake makan cengek!

Moy cuma bisa nyengir aja. Meskipun mamah marah-marah gara-gara kejadian itu tapi papah bangga ama moy ampe sekarang, menurut papah moy udah nunjukin kalau cewek juga punya hak buat ngelawan dan ngebela dirinya dari anak cowok yang udah ngerendahin anak cewek hehe. Dan ampe sekarang moy masih temenan ama anak-anak cowok yang dulu nantangin moy makan cengek. Padahal dulu tuh uang yang ditawarinnya ga seberapa cuma moy pengen nunjukin aja klo anak cewek juga punya keberanian kok :)

Monday, October 24, 2011

Petualangan Skripsi #Part 1

Oh my blog, long time no see. Setelah tiga bulan bersemedi di tempat antah berantah untuk memperjuangkan sebuah gelar yang sangat dinanti-nantikan oleh my family, akhirnya moy bisa mengalahkannya hoho.
Lama sekali moy menelantarkanmu, blogku tersayang, maafkan diriku yang malah asyik bergelut dengan skripsweet, tapi sekarang I come back :)
Selama moy bersemedi, banyaaaak banget yang pengen diceritain tapi apa daya tangan dan otak moy hanya ada dalam satu tubuh, ga bisa menduplikat diri kaya Naruto hehe. Tapi dari hasil semedi selama tiga bulan ini moy dapet banyak cerita dan pelajaran.
Tiga bulan moy bergelut dengan yang namanya skripsweet, oh itu hal yang tak akan pernah terlupakan. Bener ya yang namanya skripsi itu bisa bikin kita nangis bombay ampe bikin kita ketawa puas.
Jadi inget jaman-jamannya begadang ngerjain skripsi, ngegerutu-gerutu gara-gara ada sintaks yang error, galau yang menggelayuti pikiran (ga tau galau gara-gara apa, tapi si setan galau itu pasti selalu menghinggapi mereka yang sedang mengerjakan skripsi hehe), marah-marah ga jelas, ketawa-ketawa merasa puas programnya beres, dan masih banyak lagi hal lainnya yang dirasakan saat mengerjakan skripsi.


Di isi skripsi itu ada hal yang dianggap remeh tapi sebenarnya itu penting lho. Apa itu? Apa coba? Jawabannya adalah .... KATA PENGANTAR. Why? Pasti kalian semua berpikir seperti itu? *sotoy banget dah gue* hehe. Menurut moy sih Kata Pengantar itu hal yang penting dalem sebuah skripsi, soalnya di dalam kata pengantar itu terdapat orang-orang yang udah ngedukung and ngebantu kita dalam ngerjain skripsi. Tanpa doa, dukungan dan bantuan dari orang-orang yang kita tulis di kata pengantar mungkin skripsi kita ga selesai-selesai. Siapa yang bilang kalau skripsi kita itu harus buatan kita sendiri? Jangan mengambil pandangan hanya dari satu sisi aja kawan tapi coba lihat deh dari berbagai sisi. Skripsi itu kaya sebuah rumah yang dibangun dengan bahan-bahan yang kokoh. Rumah yang bagus itu semuanya berkat pembuatnya yang teliti, apik, dan ahli, dibuat dengan bahan-bahan pilihan. Jadi sebenernya skripsi itu butuh banyak pemeran pendukungnya :)

Nah, skripsi yang kita buat itu isinya berupa pemikiran dari kita sendiri, berkat bantuan bang google, para pembuat buku yang kita cantumkan di Daftar Pustaka, para tukang fotokopi yang udah mau ngejilidin skripsi punya kita, para pembimbing yang membimbing kita sampai skripsi kita kelar, para penguji yang menurut kebanyakan orang menakutkan padahal mereka memberikan begitu banyak masukan meskipun ada yang menyampaikannya dengan peran antagonis hehe, temen-temen yang selalu menyemangati kita ketika kita sedang down, dan yang pasti atas doa orangtua, keluarga, orang-orang yang sayang sama kita, serta atas kehendak Tuhan YME.

So, buat kalian yang lagi ngerjain skripsi tetep semangat OK? Jangan pernah takut karena pada dasarnya semua pasti Lulus kok cuman waktunya aja yang berbeda. Selalu minta doa dari orang-orang terdekat dan terus semangat membangun rumah impianmu itu :)
Keep fighting brother, sister ^^

Sunday, August 21, 2011

Damai itu apa?


Dua anak kecil sedang bertengkar memperebutkan sebuah mobil-mobilan.

A: Kakak itu punya ade! Kakak maen mobil-mobilan punya kakak donk jangan punya ade!
B: Ah pelit banget sih kamu sama kakak. Pinjem bentar donk!
A: Ga mau!
B: Peliiiitt!

Si B (kakak) menarik mobil-mobilan yang ada di tangan si A (ade). Ibunya yang sedang asyik menonton sinetron merasa terganggu dengan keributan kedua anaknya. Lalu ibunya pun menghampiri mereka yang sedang bertengkar.

Ibu: Aduh udah donk jangan berantem. Kenapa sih, kak?
B: Masa kakak ga boleh pinjem mobilannya, bu.
A: Kakak mah bukan pinjem tapi ngerebut maenan ade, bu, padahal kakak kan punya mobil-mobilan sendiri.
B: Kakak ga ngerebut, bu, cuma mau pinjem sebentar, adenya aja yang pelit.

Ibunya semakin pusing mendengar keduanya tak mau kalah. Akhirnya Sang Ibu angkat bicara.

Ibu: Udah..udah..dua-duanya sama aja, ga ada yang mau kalah. Sekarang ade ama kakak berdamai aja ya, maen mobil-mobilannya bareng aja jangan berebutan gitu!
B: Kakak ga mau berdamai ah, bu!
Ibu: Kenapa kakak ga mau berdamai? Kan berdamai itu indah, anak baik itu ga berantem.
B: Kalau kakak berdamai sama ade nanti kakak harus bayar 20ribu ama ade kaya Ayah pas mobil Ayah disuruh kepinggirin terus kata Ayah "Damai aja, pak" sambil ngasihin uang 20ribu. Jadi, berdamai itu bukan indah, bu, tapi berdamai itu 20ribu.

Ibunya tercengang mendengar anaknya berkata seperti itu.
*Nih anak kayanya korban tilang* tapi ya begitulah anak-anak selalu polos :)

Friday, July 29, 2011

Kotoran Burung




"Argh dasar supir angkot nyebelin," seru seorang bapak-bapak yang baru saja turun dari angkot. Wajahnya terlihat sangat kesal. Sepanjang perjalannya mulut bapak tersebut tak henti mengoceh.
Tiba-tiba saja ketika bapak tersebut berdiri di pinggir jalan menunggu angkot berikutnya, crooot, kotoran burung jatuh tepat di atas kepalanya.
"Astaga, dasar burung sialan buang kotoran dimana aja! Hari ini saya benar-benar sial".
"Sabar, pak, jangan marah-marah namanya juga burung kalau buang kotoran ya sesuka dia mau dimana aja," seorang anak muda tiba-tiba saja berbicara kepada bapak tersebut.
"Hey, anak muda ga usah sok ngenasehatin deh. Tau apa kamu tentang saya?" seru bapak tersebut dengan sinis.
"Saya memang tidak tau apa-apa tentang bapak tapi yang saya tau hanya tentang kebesaran Tuhan. Seharusnya bapak bersyukur untung yang terbang itu burung bukan pegasus (kuda bersayap). Coba kalau pegasus pak, kotorannya segede apa yang bakal jatuh ke kepala bapak? Itulah kebesaran Tuhan, pak," jawab anak muda tersebut sambil berjalan pergi meninggalkan bapak tersebut sendirian.
Bapak tersebut hanya bisa terdiam mendengar perkataan anak muda itu.


Wednesday, July 27, 2011

Takut Ditilang

"De, mau kemana?" tanya Sang kakak pada adiknya.
"Mau jalan-jalan, bang," jawab adiknya santai.
"Hati-hati ya de di jalannya!" seru kakaknya dengan raut wajah yang kebingungan melihat adiknya. Sang kakak kembali menonton tv dan Sang adik pun keluar rumah hendak berjalan-jalan.

Sang adik berjalan santai dan tiba-tiba saja di tengah perjalannya seorang bapak-bapak menghampirinya dan berkata, "De, maaf lampu senternya bisa dimatiin? Silau de, ini kan siang hari,"
"Wah pak, kalau saya matiin lampu senternya nanti saya ditilang, pak," jawab Sang adik polos.
Bapak tersebut mengrenyitkan keningnya.
"Lah kenapa ditilang, de?" tanyanya heran.
"Soalnya waktu itu abang saya lagi naik motor diberhentiin terus ditilang pak katanya lain kali nyalakan lampunya demi keselamatan makanya pak, saya bawa senter kemana-mana sekarang biar ga ditilang dan bisa menyelamatkan banyak orang,"
Dan bapak-bapak tersebut pun hanya terdiam mendengar jawabannya, Sang adik tersenyum dan meninggalkan bapak-bapak itu terdiam :)

Sunday, May 29, 2011

Jadi Aquarium Yang Indah, Yuk :)

Merhatiin aquarium bulet kecil yang dihuni oleh beberapa ikan-ikan hias.
Hari pertama, mereka begitu terlihat senangnya dapet rumah baru dan suasana baru, juga teman-teman baru. Air masih bersih dan ikan-ikan masih bersemangat lari sana lari sini hehe.
Hari kedua, masih pada bersemangat bergerak dan mereka mulai merasa sangat lapar karena lebih sering minta makan dibanding hari pertama.
Hari ketiga, satu penghuni mengambang di atas permukaan air, nampaknya dia sudah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa hehe, dan yang lain pun ikut berduka.
Hari keempat, pergerakan mereka pun mulai agak lemes, tak bergairah. Air mulai tak sejernih hari pertama dan sepertinya beberapa ikan sudah mulai mogok makan dan terlihat sekarat.
Berpikir sebentar, "hmmm nih ikan pada puasa apa ya, nguyung mulu?!" sambil garuk-garuk idung.

Hari kelima, ikan-ikan yang kemaren sekarat akhirnya beristirahat dengan tenang menyusul temannya yang waktu itu udah pergi duluan ninggalin dia. Dan sekarang tersisa hanya lima ikan kecil-kecil dengan mukanya yang imut-imut, mulutnya yang ga pernah berhenti mangap-mangap, dan matanya yang selalu saja melotot seperti mengawasi sekitarnya ^^.
Hari keenam, kok tuh ikan pada sama ya gerakannya, atas bawah, atas bawah, biasanya muter ke semua arah deh. Setelah ditilik-tilik lagi eh ternyata tuh ikan-ikan udah pada tepar aja alias udah mati semua, ckckck. Saking tuh ikan pada kompak, matinya aja kompakan gitu. Aku pun turut berduka karena akhirnya dari semua ikan yang ada di aquarium itu tak ada yang bersisa satu pun.
Hari ketujuh, tuh aquarium udah ga ada airnya lagi. Si ikan-ikan udah pada di alamnya masing-masing, yang ada di dalem aquarium cuman batu-batu berwarna-warni sama satu buah batu karang berukuran kecil.
Aquarium itu pun kembali sunyi, sepi, seperti awal aquarium itu berada di rumah.
Hidup pun seperti itu, kita diciptakan oleh Tuhan tidak hanya untuk sekedar hidup saja (ya jalanin aja apa adanya) tetapi kita diciptakan oleh Tuhan untuk melakukan hal yang berguna. Anggaplah ikan-ikan itu adalah warna dalam kehidupan kita. Mereka didatangkan begitu banyak dalam kehidupan kita, awalnya warna itu begitu ceria, indah, enak dilihat, lama-kelamaan warna warna itu memudar oleh tantangan hidup yang semakin hari semakin membesar dan kita menjadi kelaparan akan pertolongan. Setelah kita dikasih pertolongan, diberikan sedikit warna warni kembali, masalah bukannya malah beres tapi malah makin membuat kita serasa kehabisan oksigen, kehabisan warna dan kita ga tau harus berbuat apa-apa lagi dan akhirnya lama-kelamaan kita pun kalah oleh masalah-masalah itu, tertindas oleh mereka dan menjadi manusia yang lemah, aquarium pun kembali kosong tak berwarna. Kenapa? karena kita tidak menjaga warna warni itu agar tetap terlihat indah tetapi membiarkannya pudar begitu saja oleh masalah-masalah yang seharusnya bukanlah menjadi penghapus warna.
Coba klo kita ga cuma merhatiin aquarium ikan itu aja tapi coba kita rawat mereka, bersihin aquariumnya dua hari sekali, terus ganti airnya jangan nunggu dulu airnya keruh tapi sebisa mungkin ganti sesering mungkin, kasih makan ikannya jangan terlalu kebanyakan tapi sesuai takaran. Jika itu dilakukan dengan baik ikan-ikan itu pun ga akan mati dan aquarium itu ga akan kosong tapi mungkin akan mempunyai banyak keturunan yang lucu-lucu, semakin banyak warna sehingga aquarium itu akan senang dilihat oleh banyak orang, akan banyak yang mengagumi aquarium tersebut.
Saatnya kita menjadi aquarium yang disenangi oleh banyak orang dibanding hanya menjadi penghuni gudang atau gerobak barang bekas :)

Aku tau perasaan itu
perasaan yang bagai angin datang dan berlalu begitu saja
Melihat air matamu mengalir
sungguh hati ini tak kuasa
tanganku mungkin tak cukup untuk merangkul kegelisahanmu
pundak ini pun tak kuat menahan semua bebanmu
tubuhku tak memuat seluruh ketakutanmu
tapi aku berharap dengan kehadiranku cukup untuk segalanya
segala kegelisahanmu
semua bebanmu
dan seluruh ketakutanmu

Mam, kami anak-anakmu selalu ada untukmu
kami tidak akan pernah pergi meninggalkanmu
meskipun secara raga kami tidak ada disampingmu
tapi jiwa kami selalu ada untukmu
Hati kami selalu terikat oleh hatimu
darah kami selalu mengalir dalam darahmu
We always love you, mom

Tuesday, April 26, 2011

Curhatan Mahasiswa Tingkat Akhir ^^

Skripsweet oh skripsweet, engkau bagai air hujan yang datang dan saya menunggumu agar cepat berhenti dan segera melihat pelangi setelahnya :)
Tapi dengan adanya skripsweet ini kita bisa dapet banyak pelajaran lho, dari mulai pelajaran agama, pelajaran sosial, ampe pelajaran batin pun ada.

Awal skripsweet dimulai, kita udah banyak ngelamun, sering nongkrong di wc, garuk-garuk kepala, mandangin layar komputer, si ikan lupa dikasih makan, ketawa-ketawa ga jelas tapi kadang tiba-tiba badmood atau malah nangis, terus diatas kepala muter muter tulisan "SKRIPSI SKRIPSI, LULUS LULUS", itu semua hanya untuk sekedar mendapatkan setitik pencerahan ide yang belum tentu diterima oleh sang dosen. *walaupun hal itu terlihat sedikit agak berlebihan hehe* but it was real.


Banyak teman-teman yang galau karena si skripsweet ini dan termasuk saya hoho
Kadang moy berpikir, kenapa harus galau? memang pertanyaan yang naif...
Tapi ketika pikiran lagi tenang dan tidak sedang digelayuti oleh setan-setan cilik sebenernya skripsi itu bukan hal yang harus ditakutin atau di"galau"in. Kalau kita memandang skripsi dari berbagai arah, banyak loh hal baiknya.

Pertama, KREATIF. Dengan adanya skripsi otak kita dipacu untuk berpikir kreatif. Kenapa? Otak kita yang biasanya berpikir sederhana atau simple terhadap tugas kuliah namun pada saat skripsi kita secara tidak langsung dipaksa untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif, berbeda dari yang lain. Kita bakal terus nyari ide yang semenarik mungkin biar skripsi kita diterima sama sang dosen. Memang memunculkan ide itu ga mudah, mau tidur aja kadang kita susah ga langsung tidur pasti butuh beberapa detik atau menit bahkan jam untuk kita bener-bener tertidur pulas. Hello...di dunia ini semuanya ga ada yang mudah kali ya, so coba untuk sabar menunggu si ide itu segera turun ya^^

Kedua, SABAR and POSITIVE THINKING. Wah ini nih hal yang pasti kita dapetin ketika skripsi. Disini nih tempat yang cocok untuk tau apa itu sabar. Dari mulai sabar nungguin dapet ide, sabar nunggu kepastian ide kita diterima apa ga, sabar ngumpulin niat buat nulis skripsi, sabar nungguin dosen untuk bimbingan, sabar kalau pas komputer tiba-tiba saja ngajak perang ama kita, sabar pas lagi skripsi taunya eh taunya kita malah putus ama pacar kita, sabar pas kita lagi mumet-mumetnya ama skripsi eh masalah di keluarga muncul atau masalah baru muncul. Selain butuh kesabaran juga kita harus positive thinking, kenapa sih susah banget ketemu ama dosen *oh mungkin sang dosen lagi sibuk atau lagi ada masalah*, kenapa sih nih ide belum muncul-muncul juga *oh mungkin belum ada ide yang terbaik untuk kita*, kenapa sih kok komputernya ngajak perang mulu *oh mungkin si komputer lagi manja and butuh perhatian kita*, ya dan masih banyak contoh lainnya dimana si positive thinking and sabar ini diperlukan.
Tapi sadar ga sih, meskipun kita kesel and ga tahan nih si tanduk setan pengen keluar tetep kita pasti langsung elus-elus dada dan coba untuk sabar meskipun nih hati masih cenat cenut :)

Ketiga, BAIK HATI. Nah klo lagi skripsi orang tuh bisa berubah 180 derajat, jadi baik hati, sering minta maaf, sering nolongin, dsb deh. Kenapa? karena kebanyakan orang sering bilang gini "Kalau lagi skripsi banyak berbuat baik supaya skripsinya lancar," atau seringkali kita ngucapin maaf sama banyak orang katanya biar digampangin skripsinya. Emang ga ada yang salah ama pernyataan itu tapi kenapa berbuat baik and minta maaf itu mesti nunggu pas skripsi? -.-a
Ya cuma kita ambil positifnya dari pernyataan itu, semoga aja ga cuma pas skripsi aja jadi baik and sering minta maaf ama orang-orang tapi bisa kebawa ampe ntar udah lulus. Yang pasti lurusin niat deh baik ma minta maafnya jangan karena skripsi aja tapi karena Tuhan.

Keempat, MANAJEMEN WAKTU. Semenjak skripsi, aktivitas kita kerasa jadi lebih teratur, ngerasa ga sih? Kita harus pinter ngatur waktu supaya skripsi kita cepet beres, ngatur waktu kapan harus bimbingan supaya skripsi kita ga terbengkalai dan dapet pencerahan dari dosen pembimbing kita, ngatur waktu supaya cacing dalem perut ga maen gendang aja (itu juga penting lho) hehe, oh iya ga boleh kelupaan juga buat ngatur waktu kita untuk refreshing alias maiiiinnnn, itu perlu lho! Yang punya pacar juga pasti ngatur waktunya supaya pacaran ga keganggu tapi skripsi juga tetap berjalan dengan mulus. Dan satu hal yang very very important, yaitu atur waktu kita untuk Tuhan karena apa yang kita lakukan semuanya karena Tuhan, tanpa seizin-Nya mungkin skripsi kita ga akan bisa berjalan mulus.

Kelima, ILMU. Disinilah kita mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya bahkan kita bisa dapet ilmu yang ga kita dapet selama kuliah atau di mata kuliah yang udah dikasih. Kita searching sana sini di bang google atau bang bang lainnya hehe, nemu ilmu baru. Baca paper ini itu, kita coba pahami isi paper satu per satu. Sharing ama temen tentang ilmu baru yang kita dapet. Yups, dengan skripsi inilah kita bisa menambah wawasan, ilmu baru, teman baru atau mungkin yang lagi jomblo bisa nemu pacar baru ^^

Keenam, SILATURAHMI. Hmmm emang ada hubungannya skripsi ama silaturahmi? Tentu ada. Ya, di skripsi inilah kita bisa bersilaturahmi ama dosen. Biasanya banyak mahasiswa yang takut untuk dekat dengan dosen, mahasiswa selalu menganggap dosen sebagai sang manusia super yang menyeramkan. Kenapa dosen selalu ditakutkan oleh mahasiswa? yang harus kita takutkan itu Tuhan, tapi kita itu harus menghormati dan menghargai dosen. Mereka ga menyeramkan seperti apa yang dibayangkan kok. Ketika kita bimbingan dan berhadapan langsung dengan dosen tidak seperti kuliah biasanya (hanya memandangnya dari tempat duduk), ternyata dosen pun menyambut kita dengan baik (selama kita berkelakuan baik juga ya^^), memberikan kita banyak ilmu, masukan, solusi, dsb. Ga ada dosen yang ingin anak didiknya ga sukses. Mereka itu seperti orangtua kita yang selalu ingin anaknya berhasil dan sukses. So, jangan setelah kalian akhirnya selesai skripsinya terus lulus, kalian lupa ama dosen kalian. Tanpa mereka, kalian ga akan jadi yang sekarang. Tetep jaga silaturahmi kalian ama dosen kalian, jangan cuma ama temen, mantan pacar/kecengan, atau pacar aja yang dijaga silaturhaminya hehe.

Bicara atau nulis seperti ini memang terlihatnya mudah, dan sulit untuk dipalikasikan dalam kenyataan tapi apa salahnya kita coba mulai dari sekarang merubah point of view kita terhadap SKRIPSI :D




Wednesday, April 13, 2011

saya tertekan?
saya tidak tertekan?
kenapa saya mesti tertekan?
cobalah bersantai untuk tidak menjadi tertekan
hahaha saya tertawa akan pernyataan tersebut
mudah sekali anda yang dalam cermin berbicara
jika tertekan bilang saja saya tertekan
buka topeng itu!
dia menghalangi wajah indahmu
apakah tertekan hal yang memalukan?
tidak juga
siapa yang berpendapat seperti itu?
orang hanya bisa menjawab sekenanya tanpa tahu makna sebenarnya
saya yang lebih tahu diri saya
bukan topeng ini atau cermin ini


Thursday, April 7, 2011

tertawa melihat kebodohan
siapa yang bodoh?
aku atau si hati?
sepertinya bukan keduanya
perasaan yang membawa kamu ke dalam kebodohan
aku tertawa karena kebodohan
apa itu salah?
tertawa dan menangis itu berbeda tipis


jadi sebenarnya aku tertawa apa menangis?
yang pasti mengapa aku merasa bodoh?
karena aku berbicara sendiri
karena aku tak tahu harus tertawa apa menangis
karena aku tak tahu apa ini karma atau takdir
apa benar karma itu ada?
hah aku terlalu konyol
mempertanyakan hal yang konyol
bodoh, tertawa, menangis, karma, takdir
bukan hal yang harus diperdebatkan
mereka tak bersalah
mereka hanya ingin ada untuk melengkapi
agar hidup ini berwarna

Hey "Cemburu", Sahabatan Yuk?

setelah lama tak merasakan yang namanya cemburu, setelah lama rasa cemburu itu mati, kenapa dia harus tumbuh lagi sekarang? rasanya capek, kesal, bikin kita ngegerutu terus, ya semuanya bercampur aduk, hmmm...
apa benar kata orang cemburu adalah bumbu cinta? ahahha, atau hanya kata-kata yang seringkali orang-orang ucapkan untuk menghibur diri? Kenapa kita mesti cemburu ketika kita melihat masa lalu dari pasangan kita disaat dia masih menyayangi orang lain, masih menyanjung orang lain, begitu sangat mengaguminya, dan begitu sangat sempurnanya dia pada saat itu? Apa benar itu kita rasakan karena kita sayang sama pasangan kita? Tapi itu kan masa lalu, tapi ga bisa muna juga klo itu memang bikin kita sakit hati, tapi kenapa kita harus tau masa lalunya, dan masih banyak tapi tapi lainnya yang menari-nari diatas kepala kita sambil tertawa melihat kita yang kelimpungan mencoba mengusir si "tapi tapi tapi" dan "pertanyaan-pertanyaan" lainnya.


kenapa harus ada rasa cemburu? tak pernah mengerti mengapa perasaan itu bisa meluncur bebas begitu saja.
ga cemburu dibilang ga sayang, terlalu cemburu dibilang posesif, jadi harusnya gimana? memang ya si "cemburu" itu sosok yang aneh, sosok yang misterius, mengalir begitu saja, melekat dengan cepat namun sulit untuk dilepaskan.
hey "cemburu" bisakah kamu membuat saya mengerti dengan kehadiranmu? menanganimu agar aku bisa menjadi sahabatmu? mengajarkanmu untuk mengetuk terlebih dahulu jika ingin masuk? seandainya saja aku bisa bertemu denganmu hey "cemburu" dan berbincang-bincang banyak denganmu, mungkin kita akan bisa saling mengerti :)

Thursday, March 10, 2011

Teman dan Sang Kura-kura


Ada seorang teman bertanya : "kenapa kura-kura jalannya lambat, padahal kakinya empat?"

Dan temannya pun menjawab : "kura-kura itu berjalan lambat karena sang kura-kura menikmati setiap langkahnya, menikmati setiap perjalanannya, menikmati setiap pemandangan yang ia lewati saat ia berjalan, menikmati setiap angin yang berhembus melintasinya, menikmati setiap oksigen yang dihirupnya, sang kura-kura menikmati setiap nikmat dan anugerah yang telah Tuhan kasih, bersyukur karena ia masih memiliki keempat kakinya, masih dapat melihat semua ciptaan Tuhan, ia bersyukur masih memiliki tempurung yang kuat untuk melindunginya, dan yang pasti dia sangat bersyukur karena dia telah diciptakan Tuhan tanpa ada satu pun hal yang sia-sia yang diberikan Tuhan kepadanya meskipun ia hanya seekor binatang. Sang kura-kura pun berkata "berjalan lambat itu bukan berarti saya tidak mau berjalan cepat dan ingin segera mencapai tujuan namun saya hanya ingin sampai tujuan dengan membawa kebahagiaan yang utuh"

Semoga bisa mengambil hikmah dari pertanyaan dan jawabannya itu :)

Sunday, March 6, 2011

Mari Kita Perang :)

Takut, bimbang, ga yakin, galau, ga pede, semuanya deh campur aduk dalem diri moy.
Yups, skripsi hal inilah yang kadang bikin moy sering ngelamun, susah tidur, dan bikin moy jadi pengen ngemil terus hehe (ga tau itu mah emang hobi^^).
Skripsi oh skripsi, you make me crazy.
Kadang moy ngerasa ga yakin bisa ngelewatin skripsi ini dengan lancar, ya karena moy sadar sama kemampuan yang moy punya. Moy yang ga punya dasar sama sekali di dunia komputer. Oh Tuhan, tapi ini semua harus moy lewatin dan moy hadapi. Hey moy, wake up, ini bukan mimpi, ini kenyataan yang ga bisa kamu hindari, ini bukan dunia nobita yang bisa kamu lewati pake pintu kemana saja atau pake mesin waktu supaya kamu ga ketemu ama si skripsi ini, dan kamu ga punya "teko ajaib" yang bisa bawa kamu pergi ke tempat lain untuk ngehindarin semuanya.

Come on, moy, ga ada yang namanya terlambat, masih banyak waktu untuk kamu taklukin yang namanya dunia komputer, ga boleh ada kata menyerah, kamu pasti bisa ngerjain si skripsi itu, kamu pasti bisa nyelesainnya dengan lancar. Jangan ampe ketakutan kamu itu naklukin kamu, moy. Saatnya sekarang kamu bangkit dan bawa tameng kamu untuk melawan semua kekhawatiranmu itu. Kamu pasti bisa moy !!! 정신

Jangan Jadikan Kami Korban

Seorang bayi tak berdosa, dilahirkan dari seorang ibu yang tak menyadari bahwa betapa suci dan berharganya bayi tersebut. Beberapa hari setelah sang bayi keluar dari rahim sang ibu untuk melihat dunia dan merasakan kasih sayang dari sang ibu dan sang ayah, dia harus merasakan bagaimana dia hidup tanpa merasakan itu semua.

Ya, mungkin sering kita liat tentang orang tua yang membuang anaknya begitu saja bahkan ada seorang ibu yang tega mengaborsi anaknya. Memang banyak hal yang memicu sang ibu atau orangtua yang melakukan hal itu, bisa karena bayi tersebut merupakan hasil dari cinta yang terlarang, ekonomi keluarganya yang menyebabkan orang tua merasa tidak bisa membiayai kehidupannya kelak, dan hal lainnya.


Moy biasanya ngeliat kasus ini di berita, di sinetron atau di film-film yang sering moy tonton. Sekarang moy bukan hanya ngeliat itu di berita, di sinetron, atau media lainnya, tapi bayi itu hadir dalam kehidupan moy. Bayi yang diambil oleh tante moy dari seorang perempuan muda di salah satu daerah di Jawa Barat karena perempuan muda itu merasa tidak sanggup untuk membiayai kehidupannya nanti. Tante moy sebagai seorang yang bekerja di panti asuhan mengambil bayi tersebut untuk dirawat di panti asuhan. Tapi ternyata sang bayi memiliki gangguan pernafasan yang menyebabkan dia harus mengalami perawatan selama kurang lebih enam bulan. Karena hal itu sang bayi ga langsung di bawa ke panti asuhan tapi tinggal bareng tante moy selama perawatannya.

Bayi itu sekarang dirawat oleh tante moy, dia juga sering dibawa ke rumah moy dan disetiap ada acara keluarga. Kehadiran bayi itu memberikan suasana baru di tengah-tengah keluarga moy. Bayi yang entah asal usul keluarganya gimana tapi membuat semua anggota keluarga moy begitu menyayanginya. Dia seperti bagian dari anggota keluarga moy. Semakin hari kami semakin sayang pada bayi ini. Sudah lima bulan kami merawatnya. Entah bagaimana rasanya kalau sampai tiba saatnya bayi ini telah selesai perawatannya, dan dia harus dikembalikan ke panti asuhan. Bukannya keluarga moy ga mau mengadopsinya tapi perjanjian dari panti asuhan adalah bayi yang ada di panti asuhan ini tidak boleh diadopsi karena nanti kelak ketika mereka telah dewasa, mereka akan dikembalikan pada keluarganya lagi.

Moy ga abis pikir, bayi selucu dan sesuci dia diberikan begitu saja oleh ibunya. Bagaimana perasaan ibunya ketika melepaskan bayi tersebut? Andai saja dia tau sekarang bayi ini sudah sebesar dan selucu apa? Keluarga moy aja yang bukan keluarga kandungnya begitu sangat menyayanginya, begitu takut kehilangannya, begitu mengkhawatirkan keadaannya klo dia sakit. Meskipun bayi ini tidak mendapatkan kasih sayang dari keluarga kandungnya tapi sekarang dia mendapatkan kasih sayang yang lebih dari banyak orang. Moy berharap dia akan tumbuh besar menjadi pribadi yang baik dan bisa mendapatkan kembali kasih sayang yang ga pernah dia dapet dari keluarga kandungnya.

Untuk semua pembaca, moy nulis cerita ini cuma ingin berbagi cerita betapa sucinya seorang bayi, dia yang tidak berdosa dan tidak tahu apa-apa tidak sepantasnya menjadi korban kesalahan kita. Semoga dengan cerita ini, kita semua ga salah ambil langkah dan jatuh dalam kehancuran sehingga harus mengorbankan makhluk tak berdosa.

Dia Adalah Lelaki Terhebat

Dia adalah lelaki yang sangat aku cintai
Lelaki pertama yang hadir disaat aku membuka mata
Dia yang selalu mengkhawatirkanku dalam setiap keadaan
menantikanku dalam keadaan baik
menjagaku dari semua hal yang dapat mencelakaiku
melindungiku dari "para pria-pria nakal" yang hanya akan menggangguku
cemburu pada setiap pria yang dekat denganku
takut kehilanganku dan melupakannya


Dia tak pernah lelah menanti kepulanganku dan menanyakan "Pulang dengan siapa?"
Dia tak pernah lelah mengingatkanku "Jangan pulang terlalu larut!"
Dia tak pernah lelah menahan kantuknya untuk menungguku tidur terlebih dahulu
Dia..
Lelaki terbaik yang ada dalam hidupku
dan Dia selalu ada dalam setiap doaku
Aku sayang papah


Bagi moy papah adalah lelaki terhebat dalam hidup moy. Papah udah banyak banget ngasih moy pelajaran tentang arti hidup, kesederhanaan, kasih sayang, pokoknya tentang semuanya. Papah yang selalu nahan kantuknya cuma buat nungguin moy pulang klo kemaleman. Papah yang selalu memotivasi moy untuk tetep nulis walaupun bagi sebagian orang moy bukanlah penulis handal, tulisan moy ga berkualitas, tulisan moy bukan lah apa-apa, tapi papah selalu memberikan semangat supaya moy ga pernah berhenti nulis meskipun hanya satu baris yang moy tulis. Papah yang selalu meluangkan waktu untuk bisa mengantar jemput moy untuk memastikan bahwa anak perempuannya ini sampai dengan selamat ke tempat yang dituju. Papah yang selalu menanyakan siapa laki-laki yang lagi deket sama moy karena papah takut anak perempuannya ini jatuh pada laki-laki yang tidak bisa menjaga moy, tidak bisa menjaga moy sebaik papah menjaga moy. Senyumnya papah yang selalu menguatkan moy disaat moy rapuh, kata-kata papah yang selalu meyakinkan moy untuk terus melangkah. Papah selalu mengorbankan apapun demi kebaikan anak perempuannya ini. Papah hanya menginginkan yang terbaik untuk moy, papah hanya ingin anak perempuannya ini dalam keadaan baik, selalu ingin melindunginya meski dalam jarak jauh.
Terimakasih untuk semua yang udah papah kasih untuk moy.

Tuesday, February 22, 2011

Curhatan dari hamba yang merindukan-Mu

Pukul 03.00 am dan moy pun terbangun ..
Suara adzan awal terdengar begitu syahdu di telinga, setelah sekian lama moy ga pernah bangun malam lagi untuk mengerjakan solat malam rasanya sekarang begitu berbeda. Suasana malam ini begitu terasa sejuk, mata moy pun begitu segar, tak ada rasa kantuk sedikit pun, dan tak ada rasa takut sedikit pun.


Lalu, moy pun berjalan menuju kamar mandi untuk mengambil air wudhu. Air di malam hari ini begitu segar ketika moy basuh jemari moy; air yang membersihkan mulutku dari setiap ucapan-ucapan yang mungkin telah banyak menyakitkan orang lain, kesombonganku yang keluar dari mulutku, gunjingan-gunjingan yang telah membuat hati orang lain begitu sakit, kebohongan-kebohongan yang pernah moy ucapkan, dan masih banyak dosa-dosa lainnya yang keluar dari mulut ini, semoga dengan air wudhu yang kukumur dalam mulut ini dapat membersihkan dosa-dosa yang telah kuperbuat dengan mulut ini; moy basuh hidung moy untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam hidung moy ini agar moy dapat menghirup setiap oksigen yang Engkau berikan; moy bersihkan wajah moy yang penuh dosa ini; moy basuh kedua tangan moy agar kedua tangan moy ini lebih ringan untuk membantu orang lain, lebih ringan untuk bersedekah, bukan untuk melakukan hal-hal yang melanggar aturan-Mu ya Rabb; air yang moy basuh ke kepala moy, meresap dalam setiap helaian rambut moy untuk membersihkan pikiran moy agar moy bisa berpikir lebih positif, tidak berprasangka buruk pada apa pun, siapa pun, terutama pada-Mu ya Rabb; air yang membasahi kedua telinga moy untuk membersihkan setiap dosa-dosa yang moy lakukan karena telah mendengarkan hal-hal yang seharusnya tidak moy dengarkan; lalu moy basuh kedua kaki moy untuk meringankan langkah kaki moy menuju kebaikan, menjauhi kejahatan, agar moy tidak salah melangkah.

Setelah moy membersihkan diri, moy mengambil mukena moy lalu melaksanakan solat malam. Hati ini begitu tenang, nyaman. Malam ini adalah malam yang berbeda dari malam malam sebelumnya. Moy merasa begitu dekat dengan-Mu ya Rabb, merasakan semua nikmat yang Engkau berikan sama moy, setiap oksigen yang moy hirup begitu terasa, kesejukan malam yang membuat moy merasa nyaman, lantunan Quran yang terdengar dari mesjid, keheningan malam, setiap detiknya moy nikmati.

Moy tersadar begitu banyak dosa yang moy lakukan dari kecil hingga sekarang, banyak orang-orang yang tersakiti oleh moy, banyak janji-janji yang moy ingkari, kebohongan-kebohongan yang pernah moy lakukan, kesombongan moy yang begitu berapi-api, prasangka buruk moy kepada semuanya, dan masih banyak dosa-dosa lainnya yang tak terhitung, bahkan moy pernah begitu menjauh dari-Mu ya Rabb. Moy mohon ya Rabb, bimbing moy kembali di jalan-Mu, ampuni setiap dosa-dosa moy, jauhkan moy dari perbuatan setan, bukakan pintu hati moy yang pernah tertutup, sampaikan pada kematian agar menjemput moy jika dosa-dosa moy telah Engkau ampuni ya Rabb, terimalah taubat moy ya Rabb, wafatkan moy jika wafat lebih baik bagi moy dan hidupkan moy jika kehidupan lebih baik bagi moy.

*doa dari hamba yang merindukan-Mu ya Rabb*

Monday, February 21, 2011

What I do not like, now become my future (session 2)

Inilah moy seorang anak perempuan yang dulunya sangat tidak menyukai mata pelajaran komputer kini duduk di bangku kuliah jurusan Ilmu Komputer, lagi menghadapi skripsi pula.

Pertama kali masuk di jurusan Ilmu Komputer, rasanya seperti menemukan dunia baru. Dunia yang jarang sekali moy sentuh, dan kini harus moy pelajari supaya moy bisa tetep bertahan di dunia ini sampai akhirnya nanti moy bisa pake "toga", dapet surat tanda lulus dengan gelar S.Kom, dan yang pasti membanggakan orang tua moy dengan nilai yang memuaskan (aminnnn). Semester awal aja moy bener-bener cuma ngerti gimana cara ngegunain komputer sama microsoft word aja, bener-bener ga ada basic pemrograman ataupun basic tentang perangkat lunaknya.


Namun mamah sama papah selalu ngeyakinin moy kalau semuanya pasti bisa moy lewatin, dan moy pasti bisa melawan rasa "ga suka" nya moy terhadap komputer. Kata-kata mamah yang ga pernah moy lupain, dan selalu menjadi motivasi moy untuk tetep bertahan di jurusan ini adalah "Ga ada yang ga bisa selama kamu terus berusaha, dulu ketika lahir ke dunia ini kamu ga bisa apa-apa, yang kamu bisa lakukan hanyalah menangis. Beberapa bulan kemudian kamu mulai bisa mengucapkan 'mamah' dan kata-kata lainnya. Kamu terus berkembang sehingga kamu bisa merangkak, berjalan, hingga akhirnya kamu bisa berlari. Dan kamu ingat ketika pertama kali kamu bisa membaca? Awalnya kamu tidak tahu bagaimana bentuk huruf A, bagaimana dibacanya, tapi kamu terus berusaha hingga akhirnya kamu bisa membaca. Lalu kamu masuk Seoklah Dasar, di sekolah kamu menemukan hal-hal baru yang sama sekali kamu ga perna tahu, yaitu mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, PPKN, tapi akhirnya kamu bisa memahaminya hingga akhirnya kamu masuk SMP, dan begitulah seterusnya. Kamu akan selalu menemukan hal yang baru, hal yang mungkin sebenarnya tidak ingin kamu ketahui, hal yang menurut kamu itu sulit, tapi kamu harus mempelajarinya. Terkadang kita perlu berdamai dengan kenyataan, hal yang tidak kita sukai malah bisa menjadi yang terbaik buat kita atau malah menjadi masa depan kita."

Yups, berkat dukungan dari mamah sama papah lah yang bisa bikin moy terus bertahan di jurusan ini. Mereka udah ngebuka mata moy untuk tidak selalu berpandangan sempit. Sekarang moy duduk di bangku kuliah jurusan Ilmu Komputer, semester delapan, siapa yang menyangka moy bisa bertahan hingga saat ini? Jika bukan karena dukungan mamah sama papah, mungkin di pertengahan semester moy bisa aja pindah ke jurusan lain. Namun dengan kekuatan semangat dari mamah sama papah, moy bisa ngelewatin semuanya. Udah tujuh semester moy lewatin, dengan berbagai tugas besar, materi-materi yang ga moy ngerti, dan rintangan-rintangan lainnya yang harus moy hadapin dengan tameng (mental) yang kuat.

Dan sekarang moy akan ngebuktiin sama mamah and papah kalau moy bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang ga ngecewain. Moy emang ga suka sama komputer tapi bukan berarti moy ga bisa. Sekarang saatnya moy skripsi , dan moy yakin bisa mengerjakannya tepat waktu. So, buat kalian yang mengalami hal yang sama kaya moy, jangan pernah takut untuk menghadapi hal yang kamu ga suka !!!

Saturday, February 19, 2011

What I do not like, now become my future (session 1)

Ga kerasa sekarang moy udah berhadapan lagi sama yang namanya skripsi, "si penentu kelulusan". Udah tiga tahun lebih moy kuliah di jurusan Ilmu Komputer, jurusan yang moy ga pernah sangka-sangka bakal moy jalani ampe sekarang. Klo moy inget beberapa tahun lalu sebelum moy masuk kuliah, sama sekali ga kepikiran masuk jurusan yang berbau komputer, hehe.

Jaman-jamannya masih pake putih abu, yang namanya mata pelajaran komputer paling moy hindari. Setiap mata pelajaran komputer moy lebih milih mabal ke kantin daripada harus ngedengerin guru komputer moy ngejelasin hal yang moy ga pernah ngerti. Tugas komputer ga pernah moy kerjain, pasti moy minta temen moy yang ngerjain, untungnya temen moy itu "sang dewi penyelamat" yang selalu mau ngerjain tugas komputer moy, thanks to my friend^^. Klo saatnya ujian, moy terpaksa harus semaleman baca buku komputer, klo tetep ga nerep juga terpaksa pasrah deh ama yang terjadi nanti pas ujian. Walaupun moy ga pernah masuk dan males banget ama yang namanya mata pelajaran komputer tapi klo lagi ujian moy ga pernah nyontek (bukannya sok alim, tapi emang susah untuk nyontek untuk mata pelajaran satu ini :D ).


Tapi "dewi keberuntungan" berpihak pada moy, nilai komputer moy alhamdulillahnya selalu bagus, ga pernah mengecewakan ataupun di bawah rata-rata. Nah, pas kelas tiga SMA, ada satu materi yang bikin moy agak melirik mata pelajaran musuh moy satu ini, yaitu materi tentang Macromedia Flash. Di materi ini lumayan lah moy agak lebih rajin masuknya dibanding materi-materi sebelumnya, tapi tetep aja ama yang namanya mata pelajaran ilmu komputer ini moy ga pernah tertarik.

Sampai akhirnya moy lulus SMA dan harus memilih jurusan di salah satu Universitas, moy kebingungan. Moy yang dasarnya menyukai dunia jurnalistik, senang menulis dan ingin menjadi penulis, malah jatuh ke dunia komputer -.-a
Bingung moy juga bisa milih jurusan ini, padahal moy ga pernah suka sama mata pelajaran komputer. Awalnya abang yang ngusulin moy masuk jurusan Ilmu Komputer soalnya dia yang dulunya suka sama dunia komputer tapi pas kuliahnya malah terjun ke dunia Psikolog, hehe. Berkat usulan abang itu, mamah sama papah malah ikut ngedukung moy masuk Ilmu Komputer, huft. Dasar namanya anak baru lulus SMA yg masih ababil (ABG labil), masih belum bisa mutusin sebuah keputusan padahal kuliah itu yang ngejalanin diri kita sendiri bukan kakak kita atau orangtua kita, ya moy nurut-nurut aja milih Ilmu Komputer. Dan akhirnya moy memilih 'Ilmu Komputer' mengikuti saran abang, mamah, dan papah.

Curhatan selanjutnya dilanjut di post berikutnya ya kawan :)

Lelah



Aku tahu kamu lelah
lelah dengan tumpukan-tumpukan tanggung jawab yang harus engkau jalani
lelah dengan teriakan-teriakan hatimu yang terus berontak
lelah dengan pikiran-pikiranmu yang berlarian di kepalamu
lelah akan keadaan dimana kamu merasa dirimu dan hatimu tak bersatu
Sadarkah kau lelah telah merajaimu?
membuatmu menjadi budak akan keegoisanmu
membuat amarahmu lepas dari kendalimu
membuat logikamu terhenti bak patung


Tahukah kau ada yang tersakiti akibat lelahmu?
tapi Tuhan tak pernah lelah mendengar setiap keluhanmu
Tuhan tak pernah lelah mengawasimu setiap detiknya
disetiap lelah yang kau rasakan Tuhan masih menyisipkan kenikmatan
disetiap lelah yang kau rasakan Tuhan masih memberikan oksigen untukmu bernafas
disetiap lelah yang kau rasakan Tuhan masih memaafkanmu ketika amarah itu tak terkendali
memaafkanmu ketika egoismu itu menjadi senjata untuk melukai orang lain
memaafkanmu ketika logikamu menjadi penyebab peperangan
Tuhan tak pernah lelah memberikan peringatan padamu
tapi lelahmu menutupi peringatan-Nya
engkau telah dibutakan oleh lelahmu