Sunday, January 15, 2012

Jojongkong? Hmmm, Yummy

Jojongkong, apa sih jojongkong itu? Sebuah tanaman kah? Tempat makan? Istilah bahasa Sunda atau apa? Semua temen moy kalau ditanya "Tau jojongkong ga?" pasti jawabannya, "Apaan tuh moy?". Hmmm sayang sekali banyak yang nggak tau apa itu jojongkong. Jojongkong itu adalah sebuah jajanan kampung yang seangkatan sama kue putu, kelepon, awug, dan sebagainya. Kalau kalian mau nyari yang namanya jojongkong ini ke supermarket atau oleh-oleh Bandung, dijamin nggak ketemu deh. Jojongkong sekarang hanya ada di jajanan pasar, tapi itu pun hanya pasar tradisional tertentu aja atau di pinggir jalan yang ada di gerobak-gerobak biasanya jajanannya gabung ama kelepon, awug, dan semacamnya.
Ini nih tampilan jojongkong sebelum dibuka:


Jajanan pasar ini kebilang jajanan favorit keluarga, selain rasanya yang memang enak, jajanan ini pun susah banget nyarinya. Jojongkong itu terbuat dari tepung kanji dicampur tepung beras dan santen (hampir sama kaya bubur lemu tapi lebih nendang rasanya ^^), udah gitu yang bikin lebih maknyusnya lagi dari jojongkong ini adalah kelapa mudanya yang ditabur di atas si buburnya terus dikasih kuah yang terbuat dari gula merah, hmmmm yummy :)
Yuk kita liat gimana isinya:



Versi zoomnya ^^ :


Gimana nih pas liat gambarnya? Keliatan enak nggak? *maaf ya fotonya ga terlalu bagus maklum bukan fotografer hehe*. Bener deh nggak bohong dan bukan maksud ngiklan juga hehe tapi jajanan kampung ini asli enak banget deh, sayangnya banyak orang yang nggak tau tentang makanan ini dan yang jualanannya pun sedikit.

Hmmm..kenapa ya jajanan kampung seperti ini jarang dilirik oleh banyak orang? Padahal kan jajanan kaya gini tuh enak dan murah, satu jojongkong ini harganya cuma 2ribu rupiah. Moy sih cuman berharap semoga makanan khas tiap daerah kaya jojongkong, kelepon, kue putu, awug, nggak lenyap dan dilupakan gitu aja. Melestarikan budaya itu nggak harus dengan tari-tarian, lagu daerah aja tapi dengan makanan daerah atau jajanan kampung seperti ini pun termasuk melestarikan budaya kok :)
Reactions:

2 comments:

  1. minta samplenya mba mayang.....:D

    ReplyDelete
  2. minta sample makanannya?hehe
    nanti ya klo ketemu ama si mang-nya, kadang ada kadang ga :)

    ReplyDelete