Tuesday, April 26, 2011

Curhatan Mahasiswa Tingkat Akhir ^^

Skripsweet oh skripsweet, engkau bagai air hujan yang datang dan saya menunggumu agar cepat berhenti dan segera melihat pelangi setelahnya :)
Tapi dengan adanya skripsweet ini kita bisa dapet banyak pelajaran lho, dari mulai pelajaran agama, pelajaran sosial, ampe pelajaran batin pun ada.

Awal skripsweet dimulai, kita udah banyak ngelamun, sering nongkrong di wc, garuk-garuk kepala, mandangin layar komputer, si ikan lupa dikasih makan, ketawa-ketawa ga jelas tapi kadang tiba-tiba badmood atau malah nangis, terus diatas kepala muter muter tulisan "SKRIPSI SKRIPSI, LULUS LULUS", itu semua hanya untuk sekedar mendapatkan setitik pencerahan ide yang belum tentu diterima oleh sang dosen. *walaupun hal itu terlihat sedikit agak berlebihan hehe* but it was real.


Banyak teman-teman yang galau karena si skripsweet ini dan termasuk saya hoho
Kadang moy berpikir, kenapa harus galau? memang pertanyaan yang naif...
Tapi ketika pikiran lagi tenang dan tidak sedang digelayuti oleh setan-setan cilik sebenernya skripsi itu bukan hal yang harus ditakutin atau di"galau"in. Kalau kita memandang skripsi dari berbagai arah, banyak loh hal baiknya.

Pertama, KREATIF. Dengan adanya skripsi otak kita dipacu untuk berpikir kreatif. Kenapa? Otak kita yang biasanya berpikir sederhana atau simple terhadap tugas kuliah namun pada saat skripsi kita secara tidak langsung dipaksa untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif, berbeda dari yang lain. Kita bakal terus nyari ide yang semenarik mungkin biar skripsi kita diterima sama sang dosen. Memang memunculkan ide itu ga mudah, mau tidur aja kadang kita susah ga langsung tidur pasti butuh beberapa detik atau menit bahkan jam untuk kita bener-bener tertidur pulas. Hello...di dunia ini semuanya ga ada yang mudah kali ya, so coba untuk sabar menunggu si ide itu segera turun ya^^

Kedua, SABAR and POSITIVE THINKING. Wah ini nih hal yang pasti kita dapetin ketika skripsi. Disini nih tempat yang cocok untuk tau apa itu sabar. Dari mulai sabar nungguin dapet ide, sabar nunggu kepastian ide kita diterima apa ga, sabar ngumpulin niat buat nulis skripsi, sabar nungguin dosen untuk bimbingan, sabar kalau pas komputer tiba-tiba saja ngajak perang ama kita, sabar pas lagi skripsi taunya eh taunya kita malah putus ama pacar kita, sabar pas kita lagi mumet-mumetnya ama skripsi eh masalah di keluarga muncul atau masalah baru muncul. Selain butuh kesabaran juga kita harus positive thinking, kenapa sih susah banget ketemu ama dosen *oh mungkin sang dosen lagi sibuk atau lagi ada masalah*, kenapa sih nih ide belum muncul-muncul juga *oh mungkin belum ada ide yang terbaik untuk kita*, kenapa sih kok komputernya ngajak perang mulu *oh mungkin si komputer lagi manja and butuh perhatian kita*, ya dan masih banyak contoh lainnya dimana si positive thinking and sabar ini diperlukan.
Tapi sadar ga sih, meskipun kita kesel and ga tahan nih si tanduk setan pengen keluar tetep kita pasti langsung elus-elus dada dan coba untuk sabar meskipun nih hati masih cenat cenut :)

Ketiga, BAIK HATI. Nah klo lagi skripsi orang tuh bisa berubah 180 derajat, jadi baik hati, sering minta maaf, sering nolongin, dsb deh. Kenapa? karena kebanyakan orang sering bilang gini "Kalau lagi skripsi banyak berbuat baik supaya skripsinya lancar," atau seringkali kita ngucapin maaf sama banyak orang katanya biar digampangin skripsinya. Emang ga ada yang salah ama pernyataan itu tapi kenapa berbuat baik and minta maaf itu mesti nunggu pas skripsi? -.-a
Ya cuma kita ambil positifnya dari pernyataan itu, semoga aja ga cuma pas skripsi aja jadi baik and sering minta maaf ama orang-orang tapi bisa kebawa ampe ntar udah lulus. Yang pasti lurusin niat deh baik ma minta maafnya jangan karena skripsi aja tapi karena Tuhan.

Keempat, MANAJEMEN WAKTU. Semenjak skripsi, aktivitas kita kerasa jadi lebih teratur, ngerasa ga sih? Kita harus pinter ngatur waktu supaya skripsi kita cepet beres, ngatur waktu kapan harus bimbingan supaya skripsi kita ga terbengkalai dan dapet pencerahan dari dosen pembimbing kita, ngatur waktu supaya cacing dalem perut ga maen gendang aja (itu juga penting lho) hehe, oh iya ga boleh kelupaan juga buat ngatur waktu kita untuk refreshing alias maiiiinnnn, itu perlu lho! Yang punya pacar juga pasti ngatur waktunya supaya pacaran ga keganggu tapi skripsi juga tetap berjalan dengan mulus. Dan satu hal yang very very important, yaitu atur waktu kita untuk Tuhan karena apa yang kita lakukan semuanya karena Tuhan, tanpa seizin-Nya mungkin skripsi kita ga akan bisa berjalan mulus.

Kelima, ILMU. Disinilah kita mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya bahkan kita bisa dapet ilmu yang ga kita dapet selama kuliah atau di mata kuliah yang udah dikasih. Kita searching sana sini di bang google atau bang bang lainnya hehe, nemu ilmu baru. Baca paper ini itu, kita coba pahami isi paper satu per satu. Sharing ama temen tentang ilmu baru yang kita dapet. Yups, dengan skripsi inilah kita bisa menambah wawasan, ilmu baru, teman baru atau mungkin yang lagi jomblo bisa nemu pacar baru ^^

Keenam, SILATURAHMI. Hmmm emang ada hubungannya skripsi ama silaturahmi? Tentu ada. Ya, di skripsi inilah kita bisa bersilaturahmi ama dosen. Biasanya banyak mahasiswa yang takut untuk dekat dengan dosen, mahasiswa selalu menganggap dosen sebagai sang manusia super yang menyeramkan. Kenapa dosen selalu ditakutkan oleh mahasiswa? yang harus kita takutkan itu Tuhan, tapi kita itu harus menghormati dan menghargai dosen. Mereka ga menyeramkan seperti apa yang dibayangkan kok. Ketika kita bimbingan dan berhadapan langsung dengan dosen tidak seperti kuliah biasanya (hanya memandangnya dari tempat duduk), ternyata dosen pun menyambut kita dengan baik (selama kita berkelakuan baik juga ya^^), memberikan kita banyak ilmu, masukan, solusi, dsb. Ga ada dosen yang ingin anak didiknya ga sukses. Mereka itu seperti orangtua kita yang selalu ingin anaknya berhasil dan sukses. So, jangan setelah kalian akhirnya selesai skripsinya terus lulus, kalian lupa ama dosen kalian. Tanpa mereka, kalian ga akan jadi yang sekarang. Tetep jaga silaturahmi kalian ama dosen kalian, jangan cuma ama temen, mantan pacar/kecengan, atau pacar aja yang dijaga silaturhaminya hehe.

Bicara atau nulis seperti ini memang terlihatnya mudah, dan sulit untuk dipalikasikan dalam kenyataan tapi apa salahnya kita coba mulai dari sekarang merubah point of view kita terhadap SKRIPSI :D




Reactions:

9 comments:

  1. Semangat...!!!
    Itu kurang satu point klo kata aku mah..

    "BERANI dan PERCAYA DIRI"

    ^_^v

    ReplyDelete
  2. oh ia bener kang..
    makasih ya kang..
    doain cepet lulus^^

    ReplyDelete
  3. eta pisaaan... ia keberanian sama percaya diri itu kadang rada susah didapet hehe.. :D

    ReplyDelete
  4. skripsi boleh galau asal jangan sampe gila aja.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Hehehe.. betul banget Moy... ;)
    ni ccp baru baca tulisannya hehehe...
    smoga kita cepet lulus,, amiin..

    ReplyDelete
  6. Betul banget moy.. hehe..
    Ni ccp baru baca tulisannya...
    smoga kta cepet lulus ya.. biar ga galau2 lagi dan bisa melihat pelangi yang indah.. :)

    ReplyDelete
  7. ayo semangat buat semuanya..
    pasti kita semua bisa ngelewatin hujan ini :)

    ReplyDelete
  8. Cepet kelar ya skripsinya :-)

    ReplyDelete