Sunday, April 5, 2009

Bukan Sekedar Bisnis Online

Menulis bukanlah hal yang sulit dilakukan tetapi kebanyakan orang malas untuk menulis. Dari sebuah tulisan sebenarnya kita bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, selain menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita, lewat menulis kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kita tidak harus mengirim tulisan kita melalui surat kabar atau media cetak tetapi kita bisa mengirim tulisan kita secara online.

Materi yang saya posting ini akan membahas tentang kerja sampingan sebagai penulis online. Situs yang akan saya perkenalkan adalah Shvoong.com. Cara mendaftar pada situs ini mudah sekali. Kita tinggal masuk ke dalam Shvoong.com kemudian klik register/daftar (saya sarankan sebelum anda mendaftar lebih baik anda membaca posting ini hingga selesai setelah itu baru anda putuskan untuk bergabung atau tidak). Situs tersebut support 34 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jadi, anda bisa memilih bahasa Indonesia untuk kenyamanan dan kemudahan anda.

Dalam situs ini kita tidak diharuskan menulis artikel yang perfect dan tidak diperuntukkan bagi para penulis saja. Disini, kita tidak perlu memiliki bakat menulis karena sebenarnya setiap orang itu memiliki bakat menulis tetapi mereka tidak mengembangkan bakat tersebut. Anda hanya diharuskan untuk menulis abstraksi/summary/rangkuman dari berbagai macam sumber pilihan antara lain koran,buku,e-book,artikel,novel,summary produk, film, sains dan lain sebagainya. Pilihan format tulisan anda adalah 300 kata,600 kata dan 900 kata.
Lalu, apabila kita malas atau repot dalam merangkum sebuah summary/rangkuman, kita tidak perlu khawatir karena Shvoong.com juga membolehkan kita untuk translate dari summary/rangkuman yang telah ada ke dalam berbagai bahasa yang kita inginkan.

Setelah kita membuat sebuah tulisan lalu tulisan tersebut kita publikasikan di Shvoong, kita bisa mereview berapa orang yang telah membaca tulisan kita. Yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang akan membayar kita?
Jawabnya adalah iklan, karena saat tulisan kita tampil dan dibaca orang di sebelah kanan tulisan kita berderet iklan Adsense Google, dan apabila ada pembaca yang tertarik kemudian meng-klik iklan tersebut, kita akan dibayar $0.01 per klik dan langsung dideposit ke account kita. Jumlah $ di account kita di update setiap awal bulan, jadi kita bisa melihat penghasilan kita setelah satu bulan kita menulis di Shvoong. Bila sudah terkumpul minimal $10 kita baru bisa cash out pendapatan kita tersebut. Mulai dari sekarang masukkan summary anda sebanyak-banyaknya dalam berbagai bahasa kemudian setiap awal bulan, lihat berapa $ yang sudah masuk dalam account anda.

Melalui apa kita dibayar?
Ada dua cara untuk menarik penghasilan kita, yaitu melalui check atau paypal. Bila menggunakan check sebaiknya withdrawal dilakukan setelah terkumpul $100. Kalau menurut hemat saya sebaiknya gunakan PAYPAL selain lebih mudah dan cepat, Paypal juga mulai sekarang sudah bisa transfer ke bank-bank di Indonesia.

Ada keuntungan lain selain kita menulis di Shvoong.om ini, yaitu anda akan mendapat tambahan bonus $$$ ke account anda dengan memperkenalkan program ini kepada teman, sodara dan khayalak ramai seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini. Bila mereka berminat dan melakukan seperti yang anda dan saya lakukan, maka pekerjaan penulis Online bisa menjadi passife income kita.

Mohon diingat dan diperhatikan saat registrasi agar memasukkan alamat lengkap dan jelas ,karena bila anda memilih payment via check, maka check tersebut akan dikirim ke alamat yang anda daftarkan. Kemudian untuk email address saat pendaftaran harus sama dengan email account Paypal kita (bagi anda yang belum mempunyai paypal, anda bisa mendaftar di www.paypal.com).

Anda bisa mencobanta mulai dari sekarang. Selamat mencoba!

Note :
Kekurangan dari situs tersebut adalah beratnya akses dan loading,yah maklum karena gratis dan membernya dari berbagai negara. Bagi pemakai akses internet cepat mungkin tidak masalah meskipun juga tetap sedikit lemot aksesnya.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment