Sunday, April 3, 2016

Persiapan Nikah: Part Nyari Katering

Wuooohhh, ini nih salah satu hal dalam persiapan pernikahan yang lumayan bikin pusing calon pengantin. Pasalnya, setiap orang punya selera yang berbeda dalam hal makanan dan makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam resepsi pernikahan. Kebayang kan kalau di acara resepsi pernikahan enggak ada makanan, nanti pengantin sama tamu-tamunya pada pingsan kelaperan hehe ^^v

Moy sih kebilang beruntung karena anak bungsu, jadi pas nentuin katering enggak terlalu bikin pusing soalnya udah ada pengalaman dari kakak perempuan moy. Tapi, untuk yang baru mau nikah dan enggak ada pengalaman dari kakak atau saudaranya, tips nyari katering yang cocok sebenarnya enggak jauh beda sama nyari gedung.
  • Capeng harus banyak-banyak ngobrol sama temen/sodara/kakak yang udah nikah (pengalaman) biar mereka bisa merekomendasikan katering yang enak dan harganya sesuai dengan budget kita. Terus minta deh contact person penanggung jawab kateringnya.
  • Dateng ke nikahan temen/saudara buat icip-icip makanannya hehe biar makin banyak referensi kateringnya.
  • Oh ya, bisa juga dateng ke pameran-pameran pernikahan buat liat lebih banyak referensi katering plus bisa sekalian nyicip-nyicip juga disana. (kalau buat moy sih dateng ke pameran malah suka bikin makin bingung karena malah jadi kebanyakan referensi)
  • Sering-sering blog walking ke blog orang lain, biasanya banyak capeng yang suka nge-review katering buat resepsi pernikahannya *kaya moy ini hehe
  • Cari tahu testimoni orang-orang yang udah pakai katering tersebut.
  • Kalau udah nemu katering yang cocok, mulai deh hitung-hitungan biar bisa disesuain budget, terus booking deh tuh kateringnya biar pihak kateringnya langsung menjadwalkan tanggal pernikahan kamu, soalnya ada juga yang pas kita udah cocok, eh si pihak kateringnya full di tanggal pernikahan kita.
Itu sih beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman coba saat nyari katering buat resepsi. Kalau ada yang punya tips lain, mangga di-share di kolom komentar ^^

Nah, kalau waktu Moy karena udah cocok dan percaya sama katering pas nikahan teteh Moy, jadinya pas nyari-nyari lagi katering lain banyak yang kurang sreg (baik dari segi rasa, variasi makanannya, maupun budget-nya :D). So, Moy waktu itu milih Destiny Catering. Kantonya ada di Jalan Srimahi No. 8 Bandung.

Buat Moy sih kenapa milih katering itu lagi soalnya pelayanannya bagus, makanannya enak-enak, variasi makanannya banyak, dekorasinya bagus dan sesuai dengan budget. Untuk resepsi, Moy pilih Paket Vanda. Paket ini udah mencakup dekor pelaminan (kita bisa milih ada pelaminan minimalis, etnik modifikasi, mas, tembaga, mutiara dengan dekorasi bunga hidup), dekorasi ruang resepsi dengan bunga hidup, taman pelaminan dan ruangan umbul-umbul, karpet jalan, meja penerima tamu, tempat uang katering resepsi, buffet pengantin, dan ice carving sebanyak 3 buah.

Kalau ambil paket yang ini ada spesial bonusnya, yaitu mobil pengantin baby benz, bulan madu di Deluxe Room Hotel Sindang Reret, dan spesial dessert pengantin (English Trifle +Fruit Basket). Makannya sendiri terdiri dari buffet (dengan lima jenis makanan), food stall (ada delapan stand), dan dessert (enam stand).

Oh ya, untuk katering Moy pesen 1000 porsi. Kenapa 1000 porsi? karena hitungannya gini, undangan ada 400 orang nah dikali dua jadinya 800 orang (soalnya yang dateng ke nikahan kita kan biasanya datengnya suka ada yang rombongan alias bawa pasangannya, anaknya, atau bahkan saudaranya hehe, jadi jangan mikir satu orang satu piring dan sekali makan :D), terus ditambah 200 porsi lagi (ini anggap aja jatahnya keluarga kita yang seabreg hehe). Dulu, pas Moy booking Januari 2014, harga paket Vanda ini seporsinya Rp 72.500.

Semoga tulisannya bermanfaat ya dan bisa nambah referensi kalian-kalian yang lagi mempersiapkan hari spesialnya :)
Selamat hunting-hunting :D


dekorasi pelaminan dan saat akad dari destiny catering


dekorasi by destiny catering

*foto stand-stand makanannya ga ada soalnya kena virus jadi ilang semua huhu, yang ada cuman ini
Reactions:

6 comments:

  1. Halo teh Moy.. Salam kenal..
    Kebetulan lagi browsing tentang tempat nikah eh nemu blog ini. HIhihihi...

    Pas banget nih teh Moy kan nikahnya di Graha Bhayangkara, aku juga nanti mau resepsi digedung itu, insyaallah. Mau tanya dong, katanya kan di gedung itu ada gosip preman dan banyak tamu "siluman"nya... Bener nggak ya teh?
    Agak worry nih... hehehe

    ditunggu balasannya.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Renata...salam kenal juga :)
      hoho iya emang gedung itu terkenal banget sama gosip banyak preman dan tamu "siluman"nya, malah dulu sempet pas mau booking disana ada yang cerita temennya nikah disana terus ilang kambing guling >.<
      serem-serem lah ama gosipnya tapi alhamdulillah pas moy nikah disana ga ada yang namanya preman ataupun tamu "siluman".
      kalau pengalaman pribadi sih kayaknya gimana niat kitanya dan harus positif thinking juga.
      jadi, pas tau ada gosip-gosip itu saya mah lahaula aja serahin ke Allah, kalaupun ada tamu "siluman" anggap aja sodaqoh, bisi emang ada yang laper terus pengen makan hehe.
      selain itu, saya sih kebetulan orangtua ada rekannya yang polisi jadi ada beberapa polisi yang jaga juga di bagian depan gerbang gedung bhayangkara. Kalaupun enggak ada rekan polisi, mungkin bisa minta pengajuan pengamanan ke polisi setempat supaya lebih aman.
      atau beberapa saran yang mungkin bisa dicoba (berdasarkan pengalaman dua tahun lalu), dari pihak keluarga capeng laki-laki atau perempuannya sama panitia nikahan kita (kemaren saya libatkan sahabat-sahabat saya) shift-shift-an buat jaga di depan deket meja tamu buat ngeliat siapa aja yang dateng, karena biasanya dengan adanya keluarga atau panitia di depan, tamu "siluman" suka agak jiper duluan :D
      mudah-mudahan membantu tipsnya, yang pasti sih, capeng kudu tenang ya soalnya emang suka banyak kepikiran ini itu tapi balik lagi kita kudu positif thinking :)

      Delete
  2. hay teh moynuhun reviewnya bikin sedikit lega karena saya juga kebetulan pake gedung yg sama dg teteh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah klo reviewannya bermanfaat,,sing lancar ya Aisyah acaranya dan semoga jadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah :)

      Delete
    2. amin teh moy :) semoga teh moy juga jadi keluarga yang sakinah ma'wadah warahmah

      Delete
    3. teh moy kalo dulu kursi sama AC gt nambah ga?

      Delete