Wednesday, June 22, 2016

Persiapan Nikah: Mahar dan Seserahan

Buat Moy sama Titan soal mahar dan seserahan enggak dibikin ribet, soalnya prinsip kita berdua sih seserahan ini ya yang bisa kita pakai, jadi beli apa yang kita butuhkan bukan berdasarkan adat atau apa. Oh ya, untuk seserahan konon katanya kan harus, kudu, wajib jumlah kotaknya nanti ganjil, meskipun Moy enggak tahu kalau enggak ganjil apa bakal terjadi sesuatu kah? atau itu hanya mitos dan isapan jempol belaka, hehe. Soalnya pas kita beli, kita mah boro-boro mikirin nanti bakal jadi berapa kotak ya keperluan yang udah kita beli ini.

Pasalnya, Moy sama Titan waktu nyiapin seserahan, kita mah ya beli-beli aja apa yang kita butuhkan dan kembali lagi ke budget kita ada berapa nih, hehe. Sebenarnya, dalam lubuk hati Moy sih penginnya mah ya seserahan teh, seperangkat rumah beserta isinya dan juga mobil, wkwkwk. Itu mah minta ditoyor sama Titan :p

Jadi, apa aja nih isi seserahan Moy (untuk fotonya maaf ya pemirsa Moy engga pajang soalnya waktu itu keblinger ngurusin nikahan dan lain-lain alhasil enggak inget kudu dokumentasiin nih isi seserahan, fotonya seadanya aja ya nanti diakhir-akhir):
  • Perlengkapan alat solat. Yes, ini mah kudu wajib ada, karena saya sebagai seorang muslim, solat itu no. 2 karena yang pertama adalah syahadat hehe, jadi perlengkapan solat harus ada buat nanti Moy solat bareng sama keluarga kecil Moy nanti, ceileeeh hehe. Isinya apa aja? Mukena, Al Quran, Sajadah, Tasbih
  • Perlengkapan bobo yang isinya bed cover, seprai, dua sarung bantal, dan satu sarung guling. 
  • Perlengkapan mandi. Moy sih beli sepaket di bodyshop, jadi udah dihiasin gitu sama bodyshop-nya ditambah handuk deng dari Moy. Isinya: sabun, scrub, shampo, shower puff, lotion, parfum.
  • Peralatan makeup. Nah untuk yang satu ini sebenarnya Moy enggak mau beli soalnya enggak pernah makeup-an, ke kantor aja cuman pakai pelembab sama bedak tabur, tapi berhubung si Mamah nyuruh ada, ya udah deh beli makeup-nya buat nanti bisa dipakai Mamah, hehe. Moy beli sepaket di Zoya yang isinya: bedak, pembersih muka, lipstik, eye shadow, concealar. Sementara itu, tambahan lainnya dari merk lain, kayak eyeliner, mascara, blush on itu merk Maybeline. Yes, dan bener aja pas udah nikah tuh isi makeup semua dipakainya sama Mamahke :D
  • Seperangkat tempat makan buat bekel. Moy minta ini soalnya kalau udah sah jadi suami istri nanti penginnya kalau kita kerja bawa bekel makan dari rumah biar sehat sekaligus penghematan juga biar ga banyak jajan di luar hihi
  • Pakaian dalam. Moy sih beli celana dalam yang se-box isi empat, terus beli bra yang sepasang sama celana dalamnya dua pasang, plus lingerie yang sepaket sama bra sama celana dalam.Oh ya, karena waktu itu lagi ada promo di Wacoal, jadi pas beli ini semua dapat bonus handuk (lumayan nambahin item seserahan, hehe).
  • Perlengkapan pesta. Ya, gimana pun juga setelah menginjak usia 17 tahun ke atas, undangan pesta itu buanyaaaak banget ya, jadi kudu beli. Isinya: satu buah long dress, satu buah kebaya dan samping, sepasang high heels, dan satu buah clutch (tas kecil untuk ke pesta).
  • Perlengkapan casual alias pakaian yang biasa Moy pakai sehari-hari. Isinya: satu buah kaos, satu buah celana panjang, satu buah tas slempang (soalnya Moy hobi banget pakai tas slempang hihi), sepatu santai.
  • Kerudung. Berhubung Moy pakai kerudung, jadi untuk kerudung dipisah sendiri soalnya beli lima buah kerudung langsung dan satu buah kerudung segi empat. Waktu milih kerudung sama Titan soalnya biar sekalian Titan juga yang milih, kan penampilan Moy nanti buat Titan, hihi, jadi kudu pilih yang bikin penampilan Moy jadi bagus di depan Titan *preeet
Sementara itu, untuk seserahan Titan enggak banyak malah kebilang simpel banget, di antaranya:
  • Perlengkapan alat solat. Isinya: baju koko, sarung, peci, sajadah, dan tasbih.
  • Peralatan kantor (kemeja, celana panjang, ikat pinggang, sepatu formal).
  • Peralatan casual (kaos, baju santai, sendal gunung)
Ini beberapa tampilan seserahan Moy sama Titan yang dihias di Tante Reny (foto seadanya yang terdokumentasi, hehe):





Untuk maharnya, Moy sih enggak minta yang aneh-aneh karena berpatok pada, "Sebaik-baik mahar adalah mahar yang paling mudah (ringan)." (HR. al-Hakim : 2692, beliau mengatakan “Hadits ini shahih berdasarkan syarat Bukhari Muslim.”) dan “Berilah mereka mahar dengan penuh ketulusan. Tetapi jika mereka rela memberikan sebagian dari mahar, maka ambillah dengan cara yang halal dan baik.” (QS An Nisa’ ayat 4). 

Alhasil, kita berdua sepakat untuk mahar berupa emas perhiasan sebesar 27 gram (angka 27 diambil dari tanggal lahir Titan) dan uang sebesar Rp 170.000 (angka 1 dan 7 di jumlah uang tersebut menandakan tanggal dan bulan lahir Moy, kalau jumlah besarannya enggak ada filosofinya sih, cuman pengin aja haha). 

uang bentuk hatinya Moy sendiri yang buat ^^

Sekian isi dari mahar dan seserahan Moy sama Titan. Untuk tipsnya, Moy pisah di postingan berikutnya ya biar pada enggak capek bacanya, hehe. Ayo, capeng-capeng yang mau berbagi tentang isi seserahan dan maharnya juga mangga kita sharing-sharing :)


Reactions:

0 comments:

Post a Comment