Wednesday, June 22, 2016

Persiapan Nikah: Tips Memilih Isi Seserahan

Seperti janji Moy di postingan sebelumnya, postingan kali ini bakal lebih ke tips memilih isi seserahan. Kenapa tulisannya enggak disatukan sama tulisan yang tentang isi seserahan Moy sama Titan soalnya kepanjangan, biar enggak bikin mata pembaca keleyengan, hehe. Jadi, sama Moy dipisah aja deh biar lebih enak bacanya.

Bingung numpulin isi seserahan mulai dari mana dulu? Atau bingung isinya harus apa aja sih? Ada ketentuannya enggak sih harus beli apa aja? dan sekarang Moy bakal coba menjawab pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar seserahan yang biasa ada di benak para calon pengantin.
  • Pertama, seperti biasa (jangan bosen ya baca kalimat ini, hehe), tentukan budget kalian buat seserahan berapa.
  • Kedua, setelah menentukan budget, list deh apa aja kebutuhan kalian yang mau kalian jadikan seserahan. Biasanya kalau udah menentukan budget, bakal lebih enak buat ngelist isi seserahan soalnya kalau enggak sesuai dengan budget tinggal coret-coret aja yang enggak perlu atau pinter-pinternya kita ngakalin supaya apa yang kita butuhkan kebeli semua sesuai dengan budget yang ada.
  • Ketiga, belanjanya dicicil aja deh. Kalau dulu Moy sama Titan beli perlengkapan buat isi seserahan, kita berdua nyari yang lagi ada promo atau diskon-diskon gitu, biar harganya lebih ekonomis dan biasanya suka ada bonus-bonus apa gitu, hehe.
  • Keempat, selalu saling mengingatkan untuk beli apa yang dibutuhkan dan bakal dipakai nantinya bukan apa yang "kok itu kayaknya bagus", "ih itu lucu deh", "wah mumpung buat seserahan, beli yang bermerk ah". Intinya sih jangan sampai khilaf dan kebablasan, hayooo inget masih banyak yang bayaran yang belum dilunasi, wkwkwk
  • Kelima, kalau kamu adalah pasangan seperti kami yang enggak berpatok pada sebuah adat atau mitos, belilah apa yang memang kalian mau dan butuhkan bukan apa yang ada biasanya di seserahan. Misal, kamu hobi memasak nih, apa salahnya isi seserahannya kamu beli peralatan masak, buku resep dapur, dan semacamnya yang berhubungan dengan dunia masak-memasak. Enggak perlu isinya harus ada perlengkapan alat solat, makeup, peralatan mandi, lingerie, dan hal lainnya yang umum pada isi seserahan. Intinya, jadilah diri sendiri toh isi seserahannya bakal kita yang pakai kok :D
  • Keenam, beli isi seserahan enggak harus sama pasangan atau mertua atau orang tua kita, tapi kamu boleh kok beli sendiri. Siapa tahu pas lagi jalan-jalan nemu yang cocok (ya barangnya, ya modelnya, ya harganya hehe). Kalau Moy sih sebagian ada yang beli sama mertua, ada yang beli sama orang tua, ada yang beli sendiri, tapi kebanyakan beli bareng sama Titan soalnya sambil nge-date gitu loh :p
  • Ketujuh, isi mahar enggak selalu harus beli kok. Kamu bisa manfaatkan barang yang ada di rumah yang belum pernah kepakai sama sekali. Kayak dulu Moy, kain samping dikasih sama Mamah soalnya ada yang pernah ngasih ke Mamah dan belum pernah dipakai sama sekali, jadi daripada mubazir ya dijadikan isi seserahan aja. 
Itulah beberapa tips dari Moy buat memilih isi seserahan. Yang mau menambahkan tipsnya, mangga di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya buat para calon pengantin yang lagi deg-degan menunggu hari spesialnya. Selamat berhunting-hunting dan berbelanja ria ^^
Reactions:

0 comments:

Post a Comment