Tuesday, January 3, 2017

#30haribercerita - Alangkah Lucunya Pengunjung Ini



"Neng, neng, geura candak daun anu di dinya (Neng, neng, cepat ambil daun yang ada di sana)," ujar seorang ibu berusia 30 tahunan pada anaknya. Kemudian, si anak pun mengikuti perintah sang Ibu. Ia mengambil beberapa lembar daun tua yang sudah gugur di atas tumpukan daun lainnya dan memberikannya pada ibunya. 


Alih-alih membuangnya pada tempat sampah, eh si Ibu malah memberikan daun tua tersebut pada salah satu unta yang sedang berada di pinggir pagar, dekat dengan pengunjung. Tanpa ragu, si unta pun memakan daun tua yang diberikan si Ibu tersebut.


Melihat aksi sang Ibu, si anak kegirangan karena sang unta menghampirinya. Lalu, ia pun kembali mengambil daun tua yang berserakan di atas tanah. Begitu pula dengan pengunjung lainnya yang ingin dihampiri sang unta, mereka juga mulai mengikuti aksi yang sama dengan si Ibu tersebut, yakni memberi makan sang unta dengan daun-daun yang berserakan di atas tanah.


Melihat hal itu, saya berceletuk pada suami, "Duh, kasihan tuh unta dikasih makan sembarangan ya yah, daun tua pula, apa ga akan sakit perut tuh unta? Padahal, jelas-jelas ada tulisan 'Terima kasih untuk tidak memberi makan pada satwa'".


Eh tiba-tiba saja ada ibu-ibu yang nyamber, "Biarin aja, neng, da unta mah makan sagala."


Saya yang mendengar perkataan itu hanya terdiam. Saya jadi teringat, pada 2011, sebuah Kebun Binatang di Surabaya (KBS) sempat menjadi sasaran cibiran netizen karena beberapa binatang di sana dalam kondisi miris, bahkan salah satu jerapah kesayangan KBS yang bernama Kliwon meninggal dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Mirisnya lagi, dari hasil otopsi ditemukan gumpalan plastik seberat hampir 20 kg di dalam lambungnya.


Coba, gimana bisa ada gumpalan plastik sebanyak itu di dalam perutnya kalau bukan karena ulah pengunjung yang sembarang lempar makanan kepadanya? Duh, ya jangan karena dia binatang, bisa seenaknya aja ngasih makanan dengan alasan "Ah ga apa-apa, toh buktinya tuh dimakan aja sama itu binatang. Toh buktinya dia ga nolak kita kasih ini itu".
Peringatan untuk tidak memberi makan pada satwa pun hanya menjadi pajangan tanpa dihiraukan.

@30haribercerita #30hbc1703#30haribercerita

Reactions:

0 comments:

Post a Comment